Singkirkan Ekuador, Senegal ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Hasil positif diraih tim nasional Senegal di matchday ketiga Grup A Piala Dunia 2022. Menghadapi timnas Ekuador di Khalifa International Stadium pada Selasa, 29 November 2022 malam WIB, skuad Singa Teranga menang dengan skor tipis 2-1.

Sepasang gol Senegal dicetak oleh Ismaila Sarr dan Kalidou Koulibaly. Sementara gol tunggal Ekuador disumbangkan oleh Moises Caicedo.

Kemenangan tipis ini lebih dari cukup mengantar wakil Afrika itu ke babak 16 besar. Senegal finis di posisi kedua Grup A dengan enam poin dari tiga laga. Senegal tertinggal satu angka dari Belanda yang memuncaki grup A usai mengalahkan tuan rumah Qatar.

Pelatih Senegal, Aliou Cisse mengatakan kemenangan ini mereka persembahkan untuk Sadio Mane, bintang Senegal yang terpaksa absen dari Piala Dunia 2022.

“Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk seorang pria yang melakukan hal luar biasa untuk negara, yang sayangnya tidak ada di sini hari ini. Pria ini bernama Sadio Mane,” beber Aliou Cisse.

Di babak 16 besar nanti Senegal akan menantang pemuncak klasemen Grup B yakni Inggris. Sementar itu, Belanda beradu dengan Amerika Serikat.

“Kami tidak tahu siapa yang akan kami hadapi di babak 16 besar – bisa jadi Inggris, bisa jadi Wales, Iran, AS, siapa pun,” sambung Cisse.

Cisse mengatakan pertandingan di babak 16 besar adalah babak baru bagi mereka. Untuk itu, mereka akan memaksimalkan kesempatan itu dengan sebaik mungkin.

“Maka itu akan menjadi babak baru bagi kami. Kami tahu bahwa kami sedang menuju babak sistem gugur, yang benar-benar berbeda dari apa yang biasa kami mainkan di pertandingan [grup] seperti ini.”

Sebelum pertandingan ini, Cisse mengatakan timnya hanya memiliki satu peluang bila ingin lolos yakni menang.

“Jadi untuk saat ini, kami hanya akan berkonsentrasi untuk istirahat dan fit untuk pertandingan berikutnya, sesederhana itu,” tandas Aliou Cisse.

Cisse mengatakan timnya akan fokus menghadapi pertandingan di babak 16 besar. Mereka akan mengevaluasi sepak terjang timnya sepanjang babak penyisihan grup.

“Sekarang adalah situasi menang atau kalah, tidak ada kesempatan kedua. Jika anda menang, anda lolos, jika kalah, anda pulang,” pungkasnya.

Susunan pemain Ekuador versus Senegal:

Ekuador (4-3-3): Hernan Galindez; Angelo Preciado, Felix Torres, Piero Hincapie, Pervis Estupinan; Alan Franco, Carlos Gruezo, Moises Caicedo; Gonzalo Plata, Michael Estrada, Enner Valencia.

Pelatih: Gustavo Alfaro

Senegal (4-2-3-1): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Ismail Jakobs, Abdou Diallo; Pathe Ciss, Pape Gueye; Iliman Ndiaye, Idrissa Gueye, Ismaila Sarr; Boulaye Dia.

Pelatih: Aliou Cisse

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *