Takluk 0-2 dari Aston Villa, Arsenal Gagal ke Puncak Premier League 2023/2024

Arsenal harus menepuk dada atas kegagalan meraih kemenangan di pekan ke-33 Premier League 2023/2024. Menghadapi tamunya Aston Villa di Emirates Stadium pada Minggu, 15 April 2024, The Gunners kalah dua gol tanpa balas.

Sepasang gol tim tamu dicetak oleh Leon Bailey di menit ke-84 dan Ollie Watkins di menit ke-87.

Kekalahan ini membuat harapan Arsenal kembali ke puncak Premier League terkubur. Arsenal tertahan di posisi kedua dengan 71 poin, tertinggal dua angka di belakang Manchester City.

Sementara itu, Aston Villa terus mengamankan posisi di zona Liga Champions. Villa berada di posisi keempat dengan 63 poin dari 33 laga, unggul tiga angka di belakang Tottenham Hotspur dengan satu laga lebih sedikit.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta tak menampik kekecewaan mendalam yang mereka rasakan.

“Itulah kenyataannya sekarang,” tandas Arteta.

Ia menyadari situasi seperti ini cukup mempengaruhi mentalitas para pemain. Namun, ia berharap para pemainnya bisa segera bangkit.

“Sudah sama selama beberapa bulan. Kami tahu momen ini akan datang dan sekarang adalah tentang bereaksi dengan baik. Jika satu hasil akan [menggagalkan kami] maka kami tidak cukup kuat.”

Mereka seharusnya bisa memaksimalkan situasi di babak pertama yang mana mereka tampil mendominasi dan memiliki cukup banyak peluang.

“Kami memiliki performa yang bagus di babak pertama, seharusnya bisa mencetak tiga atau empat gol. Babak kedua, momentum bergeser. Sekarang saatnya untuk bangkit dan berjuang kembali.”

Pelatih asal Spanyol itu menegaskan tidak ad acara lain untuk terus menjaga api harapan juara musim ini selain bangkit dan memperbaharui diri.

“Jika Anda ingin memenangkan gelar juara, jika Anda ingin berada di Liga Champions, ketika Anda memiliki momen-momen seperti ini, Anda harus bangkit.”

“Jika tidak, itu berarti Anda tidak memiliki kualitas yang sangat diperlukan. Sekarang ini adalah ujian besar bagi kami.”

Arsenal juga harus membagi fokus dengan perempat final Liga Champions Eropa. Setelah menahan imbang Bayern Muenchen 2-2 di leg pertama, mereka akan melawat ke markas Die Roten untuk memperebutkan tiket ke babak semifinal.

“Setelah kalah dalam pertandingan apapun mereka merasa frustrasi dan sedih. Kami memiliki kesempatan indah yang belum pernah terjadi dalam 14 tahun untuk melaju ke babak semifinal Liga Champions. Itu tidak bisa datang di momen yang lebih baik.”

Susunan pemain Arsenal versus Aston Villa:

ARSENAL (4-3-3): Raya; Zinchenko (87′ Nketiah), Gabriel, Saliba, White (67′ Tomiyasu); Rice, Odegaard (79′ Smith Rowe), Havertz; Trossard (67′ Martinelli), Saka, G. Jesus (79′ Jorginho)

Pelatih: Mikel Arteta

ASTON VILLA (4-2-3-1): Martinez; Digne, Torres, Carlos, Konsa; Tielemans, McGinn; Zaniolo (80′ Moreno), Diaby (61′ Bailey), Rogers; Watkins

Pelatih: Unai Emery

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *