Gol Tunggal Komang Teguh Tentukan Kemenangan Timnas U-23 Indonesia Atas Australia di Piala Asia U-23 2024

Tim nasional U-23 Indonesia akhirnya meraih kemenangan pertama di babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024. Setelah kalah di pertandingan pertama kontra tuan rumah Qatar, skuad Garuda Muda akhirnya bisa meraih poin penuh berkat kemenangan tipis 1-0 atas timnas U-23 Australia pada Kamis, 18 April 2024 malam WIB.

Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak oleh Komang Teguh di menit ke-45.

Gol ini berawal dari kemelut di mulut gawang Australia. Nathan Tjoe-A-On melepaskan tembakan yang kemudian arahnya diubah oleh tandukan Komang Teguh tanpa bisa digagalkan kiper Australia.

Australia sesungguhnya bisa memimpin lebih dahulu saat mereka mendapat penalti di menit ke-21. Penalti diberikan setelah Komang Teguh melakukan handsball di kotak terlarang. Dari tinjauan VAR, wasit kemudian menunjuk titik putih.

Peran Ernando Ari sungguh krusial. Sang penjaga gawang, ternyata bisa menggagalkan sepakan Mohamad Traore. Sepakan striker Australia itu bisa dibaca dengan sempurna oleh Ernando.

Australia terus menekan dan mengurung pertahanan Indonesia, terutama setelah mereka tertinggal. Namun, para pemain Indonesia tampil solid dan sesekali melakukan serangan balik cepat.

Hingga 11 menit tambahan waktu, skor tak juga berubah. Indonesia sukses memetik tiga poin pertama yang mendongkrak posisi dari urutan buncit ke nomor dua di belakang Qatar.

Peluang Indonesia ke babak gugur kian terbuka lebar. Indonesia akan menghadapi Yordani di laga terakhir. Bila mampu memetik hasil positif, maka armada Shin Tae-yong akan melaju.

Usai pertandingan, Ernando Ari mengaku bersyukur timnya bisa memetik kemenangan. Ia menegaskan kemenangan ini merupakan buah dari kerja sama dan dukungan dari banyak pihak.

“Alhamdulillah, kami meraih kemenangan penting hari ini melawan Australia. Kunci kemenangan adalah kerja keras semua pemain serta terimakasih atas doa dan dukungannya kepada kami,” tandas Ernando melansir situs resmi PSSI.

Gelandang muda, Marselino Ferdinan tak lupa memberikan apresiasi kepada para penonton baik yang mendukung secara langsung maupun melalui layar kaca.

Pemain berdarah NTT itu yakin mereka bisa meraih hasil positif di laga pemungkas nanti.

“Terimakasih untuk seluruh tim, suporter dan semuanya yang telah mendoakan dan mendukung kami. Terimakasih juga untuk Ernando yang sangat luar biasa pada laga ini. Selanjutnya kita fokus untuk laga melawan Yordania dan optimistis meraih hasil terbaik,” beber Marselino.

Susunan pemain timnas U-23 Indonesia versus timnas U-23 Australia:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3): Ernando Ari; Komang Teguh, Rizky Ridho, Muhammad Ferrari; Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Marselino Ferdinan, Fajar Fathurrahman; Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong

Australia (4-4-2): Patrick Beach; Lucas Mauragis, Jordan Courtney-Perkins, Alexandar Popovic, Jacob Italiano; Jack Hollman, Ryant Teague, Keegan Jelacic, Adrian Segecic; Nishan Velupillay, Mohamed Toure

Pelatih: Tony Vidmar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *