Bantai Chelsea 5-0, Arsenal ke Puncak Premier League 2023/2024

Arsenal tampil luar biasa di laga tunda pekan ke-29 Premier League 2023/2024 saat terlibat dalam “big match” kontra Chelsea di Stadion Emirates pada Rabu, 24 April 2024 dini hari WIB.

Meriam London sukses meledakkan The Blues lima gol tanpa balas.

Lima gol tuan rumah dicetak oleh Leandro Trossard di menit keempat, Ben White di menit ke-52 dan 70, serta sepasang gol Kai Havertz di menit ke-57 dan 65.

Berkat kemenangan ini Arsenal pun merangsek ke puncak klasemen, menggusur posisi Manchester City.

Arsenal kini mengemas 77 poin dari 34 pertandingan. Sementara itu, Chelsea masih tertahan di papan bawah.

“Semua perasaan simpati di dunia. Dengan semua yang telah ia alami dan semua yang telah ia lakukan. Dia tahu itu,” tandas Mikel Arteta.

Pelatih Arsenal itu menaruh simpati pada pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino yang berada dalam tekanan. Ia mengakui dirinya pernah berada dalam posisi seperti pelatih asal Argentina itu.

“Saya juga pernah berada di sisi itu. Dia melakukan pekerjaan yang hebat, saya pikir ketika Anda melihat tim ini dan menganalisis setiap detiknya, mereka layak untuk memenangkan banyak pertandingan, mereka layak untuk menang melawan tim-tim besar.”

Arteta memuji Pochettino yang sudah bekerja dengan baik. Ia berharap performa Chelsea bisa berbalik arah.

“Dia melakukan pekerjaan yang sangat baik, jadi semoga saja semuanya akan berbalik dan menjadi seperti yang seharusnya.”

Kemenangan ini menjadi penebusan atas kegagalan mereka mengalahkan Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions Eropa. Gagal ke semifinal kompetisi elite tingkat Eropa itu rupanya tidak menciutkan semangat mereka.

“Hadapi saja kenyataan yang ada, hanya itu. Anda mungkin tidak memiliki keberuntungan saat Anda membutuhkannya pada momen-momen tertentu, tetapi Anda harus bereaksi dan menghadapi momen tersebut.”

“Momen tersebut sangatlah indah. Kami telah bekerja untuk itu selama sembilan bulan, jadi kami harus menghadapinya dengan cara yang tepat.”

Mantan asisten pelatih Pep Guardiola itu mengakui kemenangan ini menjadi sesuatu yang akan memberikan pengaruh positif bagi mereka dalam perebutan gelar juara Premier League musim ini.

“Tentu saja, hal ini [menang lawan Chelsea] sangat bagus bagi kami, dan untuk kepercayaan diri serta keyakinan bahwa kami juga bisa melakukannya. Bahwa kami dapat mencapai tahap ini melawan tim-tim besar dan tampil serta memenangkan pertandingan seperti yang kami lakukan malam ini.”

Susunan pemain Arsenal versus Chelsea:

ARSENAL (4-3-3): Raya; Tomiyasu (72′ Zinchenko), Gabriel, Saliba, White; Rice, Partey (72′ Jorginho), Odegaard; Trossard (72′ Martinelli), Saka (82′ Vieira), Havertz (72′ G. Jesus)

Pelatih: Mikel Arteta

CHELSEA (4-2-3-1): Petrovic; Cucurella, Badiashile, Disasi, Gilchrist (78′ T. Silva); Enzo (67′ Chalobah), Caicedo; Mudryk (66′ Sterling), Gallagher, Madueke (79′ Casadei); Jackson

Pelatih: Mauricio Pochettino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *