Indonesia Hadapi Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia U-23, Nathan Tjoe-A-On Dipastikan Bela Garuda Muda

Tim nasional U-23 Indonesia akan menantang timnas U-23 Korea Selatan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Indonesia lolos sebagai runner-up Grup A, sementara Korea Selatan adalah pemuncak klasemen Grup B.

Duel perebutan tiket semifinal akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat, 26 april 2024 tengah malam WIB.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan dirinya sudah menyaksikan pertandingan Korea Selatan saat menghadapi Jepang. Ia pun akan mempersiapkan tim dengan baik.

“Usai menonton laga Jepang kontra Korea Selatan, saya akan mempersiapkan tim dengan baik sesuai kebutuhan,” tandas Shin Tae-yong melansir situs resmi PSSI.

Bila bisa memilih, pelatih asal Korea Selatan itu ingin agar timnya bersua Jepang, ketimbang Korea Selatan. Shin Tae-yong sesungguhnya pernah menangani timnas U-23 Korea Selatan dan pernah bersua Indonesia yang saat itu diperkuat Bambang Pamungkas.

“Saya lebih memilih Jepang U-23. Menurut saya akan, lebih baik bagi kami untuk menghadapi Jepang U-23 ketimbang Korea Selatan U-23,” sambungnya.

Meski demikian, tidak ada pilihan bagi skuad Merah Putih. Indonesia bersyukur karena di pertandingan nanti akan tetap diperkuat salah satu pemain pilar yang tampil gemilang di fase grup yakni Nathan Tjoe-A-on.

Sebagaimana dikatakan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, pihak klubnya SC Heerenveen memberikan izin untuk bermain meski sebelumnya izin diberikan hanya untuk babak penyisihan grup.

“Kabar baik datang dari Belanda yang mana klub SC Heerenveen akhirnya mengizinkan Nathan memperkuat timnas hingga sisa Piala Asia U-23,” ungkap Erick Thohir.

Nathan sendiri sudah langsung terbang ke Qatar agar bisa mempersiapkan diri bersama para pemain Indonesia.

“Tentu terima kasih pula untuk seluruh pihak yang terlibat dan memberi dukungan. Kini kita fokus menatap laga lawan Korsel dengan kekuatan yang utuh,” lanjutnya.

Selain lobi-lobi formal, peran para penggemar melalui sosial media rupanya ikut membantu menggerakan pihak SC Heerenveen untuk memberikan izin.

“Terima kasih dukungan suporter yg mengharapkan Nathan dilepas klubnya, sampai-sampai banyak singgah komentar dengan sangat sopan ke sosmednya Heerenveen.”

Pihak PSSI harus melobi sejumlah klub agar mau mengizinkan para pemainnya memperkuat timnas Indonesia. Selain Nathan, Justin Hubner yang memperkuat klub Jepang, Cerezo Osaka. Begitu juga denga klub-klub Liga 1.

Erick mengakui tidak mudah untuk bisa meyakinkan klub-klub agar mau melepas pemainnya untuk memperkuat timnas Indonesia. Ia berharap para pemain bisa tampil maksimal di laga delapan besar nanti.

“Memang tidak mudah, tapi pada akhirnya kita bersyukur seluruh pemain yang diinginkan coach Shin Tae-yong bisa tersedia. Kini tinggal usaha dan doa terbaik kita berikan demi hasil terbaik di delapan besar,” tutup sosok yang juga menjabat Menteri BUMN itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *