Sikat Yordania 4-1, Timnas U-23 Indonesia Tembus Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Tim nasional U-23 Indonesia tampil brilian di laga terakhir penyisihan grup A Piala Asia U-23 2024. Menghadapi timnas U-23 Yordania di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Minggu, 21 April 2024 malam WIB, skuad Garuda Muda menang dengan skor telak 4-1.

Marcelino Ferdinan menjadi salah satu bintang tim Indonesia dengan mencetak sepasang gol.

Gol pertama dari titik penalti di menit ke-23 dan gol cantik di menit ke-70.

Dua gol lainnya dicetak oleh Witan Sulaeman di menit ke-40 dan Komang Teguh di menit ke-86.

Satu-satunya gol Yordania lahir dari gol bunuh diri Justin Hubner di menit ke-79.

Kemenangan ini memastikan Indonesia meraih tiga poin krusial. Dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan, Indonesia pun mengunci status runner-up Grup A dan lolos ke babak perempat final menemani sang pemuncak klasemen, tuan rumah Qatar.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir angkat topi dengan penampilan armada Shin Tae-yong. Baginya, hasil ini tidak lepas dari perjuangan keras berbagai pihak.

“Upaya besar kita benar-benar membuahkan hasil. Banyak kerja keras dan nyata yang kita lakukan bersama. Mulai dari hentikan Liga, pendekatan ke klub-klub luar negeri agar mau melepaskan pemain kita, dan belum lagi drama wasit di laga pertama melawan Qatar. Alhamdulillah. Hasil tidak akan jauh dari usaha keras bersama,” tandas Erick Thohir melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, sosok yang juga menjabat Menteri BUMN itu menegaskan hasil ini membuktikan kuatnya motivasi para pemain untuk bangkit setelah kalah menyakitkan di pertandingan pertama menghadapi Qatar.

“Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin juat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga,” sambungnya.

Erick menilai grafik penampilan tim Indonesia terus meningkat. Kekalahan di pertandingan pertama ternyata melecut semangat para pemain.

“Saya nilai grafik permainan dan mental para pemain terus naik sejak kalah dari Qatar, meskipun kita main luar biasa saat itu dengan sembilan pemain. Mereka tidak menyerah saat mendapat tekanan.”

Erick tidak lupa mengapresiasi sang pelatih, Shin Tae-yong yang telah menerapkan strategi jitu.

Susunan pemain timnas U-23 Indonesia versus timnas U-23 Yordania:

Timnas U-23  Indonesia: Ernando Ari Sutaryadi (Adi Satryo 89′), Muhammad Fajar Fathur (Rio Fahmi 71′), Muhammad Ferrari (Komang Teguh 71′), Justin Hubner, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner (Rayhan Hannan 89′), Marselino Ferdinan, Rafael Struick (Hokky Caraka 71′), Witan Sulaeman.

Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas U-23 Yordania: Ahmad Juaidi, Daniel Ahmed Afaneh, Arafat Haj Ibrahim, Amer Rasem Jamous (Waseem Al Riyalat 45′), Faisal Adel Abushanab, Mohannad Abu Taha, Aref Haitham, Sief Addeen Darwish (Ali Azaizeh 73′), Aon Abbaas Almaharmeh (Ahmed Al Salman 45′), Bashar Aldiabat (Ibrahim Sabra 64′), Baker Kamal Kalbouneh (Saif Al Bashabsheh 89′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *