3 Kartu Merah dan “Comeback” Impresif, PSG Kubur Mimpi Barcelona di Liga Champions 2023/2024

Paris Saint-Germain (PSG) tampil impresif di leg kedua babak perempat final Liga Champions 2023/2024. Meski bermain di kandang Barcelona di Stadion Olimpic Lluis Companys pada Rabu, 17 April 2024 dini hari WIB, Les Parisien sukses memetik kemenangan dengan skor telak 4-1.

Kemenangan ini sekaligus mencatatkan “comeback” apik setelah di leg pertama di kandang PSG, kalah 2-3.

Dengan demikian PSG berhak mengantongi tiket semifinal dengan keunggulan agregat 6-4.

Empat gol PSG di markas Barcelona dicetak oleh Ousmane Dembele di menit ke-40, Vitinha di menit ke-54, dan sepasang gol Kylian Mbappe di menit ke-61 dan 89.

Sementara itu, gol tunggal tuan rumah dicetak oleh Raphinha di menit ke-12.

Kekalahan Barcelona juga diwarnai tiga kartu merah yang diterima masing-masing oleh Ronald Araujo di babak pertama, lalu Xavi Hernandez dan sang asisten pelatih.

Meski unggul di leg pertama, jalan Barcelona ke babak selanjutnya memang belum benar-benar terbuka.

Sebelum pertandingan, pelatih Barcelona, Xavi Hernandez menegaskan situasi di lapangan pertandingan tidak akan mudah. PSG tentu akan mengejar defisit satu gol dengan memaksimalkan semua kemampuannya.

“Ini akan menjadi sebuah laga sepak bola yang hebat,” tandas Xavi.

Ia mengatakan mereka akan berusaha untuk mengimbangi PSG dengan menguasai bola semaksimal mungkin.

 “Kami bukanlah tim yang senang berspekulasi; kami ingin merebut bola dari PSG dan memenangkan pertandingan. Semoga kami akan berada dalam kondisi terbaik. Mereka akan menuntut banyak hal dari kami.”

Kehadiran para penggemar tentu menjadi tambahan semangat bagi para pemain Barcelona.

“Kami bermain di kandang sendiri dan Montjuic [stadion] harus menjadi tempat yang luar biasa. Ini akan menjadi atmosfer yang mendidih.”

“Kami membutuhkan para pendukung karena akan ada momen-momen sulit dan PSG akan membuat kami bekerja keras, jadi saat ini kami harus bersatu.”

Ia tetap menempatkan PSG sebagai tim unggulan. Ia tahu karakter sang pelatih, Luis Enrique yang tidak akan tinggal diam di laga penentuan ini.

“Kami harus mengendalikan diri dan mengambil inisiatif, tetapi itu akan sulit. PSG akan tampil menyerang karena Luis Enrique tidak akan tinggal diam. Saya mengenalnya dengan baik dan saya tahu mereka akan membuat kami berada di bawah tekanan.”

“Kami akan menghadapi salah satu tim terbaik di dunia, salah satu yang paling intens dan mereka tidak akan memberikan kami apa-apa, dan dia adalah salah satu pelatih terbaik di dunia.”

Susunan pemain Barcelona versus PSG:

BARCELONA (4-3-3): Ter Stegen; Cancelo (82′ Felix), Cubarsi, Araujo, Kounde; De Jong (82′ Fermin), Gundogan, Pedri (62′ Torres); Raphinha, Yamal (34′ Inigo), Lewandowski

Pelatih: Xavi

PSG (4-3-3): Donnarumma; Mendes, Lucas, Marquinhos, Hakimi; Ruiz (77′ Asensio), Vitinha, Zaire-Emery (80′ Ugarte); Barcola (77′ Kang-in), Dembele (88′ Kolo Muani), Mbappe

Pelatih: Luis Enrique

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *