Gol Menit Akhir Arab Saudi Gagalkan Meksiko ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Tim nasional Meksiko harus menerima kenyataan pahit. Tim berjuluk El Tri itu harus tersingkir di fase grup.

Kemenangan di matchday ketiga Grup C Piala Dunia 2022 tak mampu menyelamatkan mereka. Menghadapi timnas Arab Saudi di Lusail Iconic Stadium pada Kamis, 1 Desember 2022 dini hari WIB, Meksiko menang dengan skor 2-1.

Sayangnya kemenangan tipis itu tak cukup meloloskan mereka. Meksiko sebenarnya hanya butuh kemenangan dua gol tanpa balas. Mimpi itu hampir saja menjadi kenyataan setelah Henry Martin mencetak gol di menit ke-47 dan digandakan oleh Luis Chavez melalui tendangan bebas di menit ke-52.

Sayangnya, Salem Al-Dawsari berhasil mencetak gol hiburan bagi Arab Saudi jelang bubaran, tepatnya di menit ke-90+6. Satu gol ini lebih dari cukup menghentikan langkah Meksiko ke babak gugur.

Sebab, Meksiko yang sama-sama mengemas empat poin seperti Polandia kalah dalam hal selisih gol. Polandia di waktu bersamaan menyerah dua gol tanpa balas dari Argentina. Tim Tango lolos dengan status juara grup berkat koleksi enam poin dari tiga pertandingan.

Sementara itu, Arab Saudi harus tersingkir. Tim yang di matchday pertama membuat kejutan dengan mengalahkan Argentina 2-1 itu harus puas finis di posisi juru kunci dengan tiga angka.

Pelatih Meksiko, Tata Martino mengaku bertanggung jawab atas hasil tersebut. Ia pun dengan besar hati memutuskan mundur.

“Saya yang pertama bertanggung jawab atas kekecewaan dan frustrasi yang kami alami. Sebagai penanggung jawab, hal itu menyebabkan banyak kesedihan, saya sepenuhnya bertanggung jawab atas kegagalan besar ini,” beber Tata Martino.

Mantan pelatih Barcelona itu menegaskan dirinya tidak lagi memperpanjang kontrak karena kerja sama dengan sendirinya berakhir setelah laga itu usai.

“Kontrak saya segera berakhir setelah wasit meniup peluit akhir dan tidak ada lagi yang bisa dilakukan,” sambungnya.

Pelatih berusia 60 tahun itu menyayangkan timnya harus tersingkir dengan cara demikian. Padahal, ia begitu senang karena timnya mampu menampilkan performa terbaik.

“Itu adalah permainan yang kami mainkan paling baik, kami menciptakan peluang gol terbanyak. Dan kami bisa saja mencetak jumlah gol agar tidak bergantung pada pertandingan lain, tapi kami gagal,” tutupnya.

Susunan Pemain Arab Saudi versus Meksiko:

Arab Saudi (3-4-2-1): Mohammed Al Owais; Hassan Tambakti, Abdulelah Al Amri, Ali Al Boleahi (Riyadh Sharahili 37’); Sultan Al Ghannam (Hattan Sultan Babhir 88’), Ali Al Hassan (Abdullah Madu 46’), Mohammed Kanno, Saud Abdulhamid; Feras Al Brikan, Salen Al Dawsari; Salah Al Shehri (Abdurrahman Al-Obood 62’).

Pelatih: Herve Renard

Meksiko (4-2-3-1): Guillermo Ochoa; Jorge Sanchez (Kevin Alvarez 86’), Cesar Montes, Hector Moreno, Jesus Gallardo; Edson Alvarez (Rogelio Funes Mori 86’), Luis Chavez; Hirving Lozano, Orbelin Pineda (Carlos Rodriguez 77’), Alexis Vega (Uriel Antuna 46’); Henry Martin (Raul Jimenez 77’).

Pelatih: Gerardo Martino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *