“Brace” Bruno Fernandes ke Gawang Uruguay Antar Portugal ke 16 Besar Piala Dunia 2022

Tim nasional Portugal sukses memetik kemenangan di matchday kedua Grup H Piala Dunia 2022. Menghadapi timnas Uruguay di Lusail Iconic Stadium pada Selasa, 29 November 2022 dini hari WIB, Selecao das Quinas berhasil memetik kemenangan dua gol tanpa balas.

Sepasang gol Portugal diborong oleh Bruno Fernandes masing-masing di menit ke-54 dan penalti di menit ke-90+3.

Kemenangan ini memantapkan langkah Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan ke babak 16 besar. Portugal sementara ini mengemas enam poin dan berada di urutan teratas. Dengan satu laga tersisa, mustahil para pesaing di grup ini merebut tiket itu dari tangan Portugal.

Portugal akan menghadapi Korea Selatan untuk mengunci status juara grup. Sementara itu, Korea Selatan, berikut Uruguay dan Ghana akan berjuang demi merebut satu tiket mendampingi Portugal.

Pelatih Portugal, Fernando Santos mengakui tidak mudah bagi timnya memetik kemenangan. Ia menilai Uruguay mampu merepotkan mereka.

“Itu adalah pertandingan yang sulit. Lawan kami membuat segalanya cukup sulit bagi kami. Mereka memberi banyak tekanan pada kami. Kami mengendalikan permainan dan dapat peluang bagus. Uruguay telah bermain sangat baik. Kami harus mengakuinya,” beber Santos.

Pelatih berusia 68 tahun itu sadar posisi mereka belum sepenuhnya menjadi juara grup. Namun, mereka ingin agar mampu meraih status tersebut dengan memenangi laga terakhir penyisihan grup menghadapi Kesatria Taeguk.

“Kami belum menjadi yang pertama di grup. Kami ingin finis di sana. Kami tidak boleh menerima begitu saja. Kami harus terus berkembang. Kami harus meningkatkan kombinasi dan mencegah lawan mencapai area kami. Para pemain saya akan memberikan segalanya untuk menang. Saya sepenuhnya mempercayai mereka.”

Santos mengaku kemenangan atas Uruguay memiliki arti tersendiri. Tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak merayakannya sejenak.

“Uruguay bisa saja menang, tapi kami lah yang menang. Dan kami melangkah ke fase berikutnya, jadi hasil ini mari kita rayakan sejenak,” pungkasnya.

Susunan pemain Portugal versus Uruguay:

Portugal (4-3-3): Diogo Costa; Joao Cancelo, Ruben Dias, Pepe, Nuno Mendes (Raphael Guereiro 42’); Bernardo Silva, Ruben Neves (Rafel Leao 69’), William Carvalho (Joao Palhinha 82’); Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 82’), Joao Felix (Matheus Nunes 82’).

Pelatih: Fernando Santos

Uruguay (3-5-2): Sergio Rochet; Sebastian Coates, Diego Godin (Facundo Pellistri 62’), Jose Gimenez; Guillermo Varela, Federico Valverde, Matias Vecino (Giorgian De Arrascaeta 62’), Rodrigo Bentancur, Mathias Olivera (Matias Vina 86’); Darwin Nunez (Maximiliano Gomez 72’), Edinson Cavani (Luis Suarez 72’).

Pelatih: Diego Alonso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *