Singkirkan Amerika Serikat, Belanda Hadapi Argentina di Perempat Final Piala Dunia 2022

Tim nasional Belanda meraih hasil positif di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Der Oranje sukses menyingkirkan timnas Amerika Serikat di babak 16 besar yang digelar di Khalifa International Stadium pada Sabtu, 3 Desember 2022 malam WIB.

Belanda menang dengan skor 3-1 dan akan menghadapi Argentina di babak perempat final. Argentina lolos usai mengakhiri langkah wakil Asia, Australia.

Tiga gol Belanda dicetak oleh Memphis Depay, Daley Blind, dan Denzem Dumfries. Sementara itu, satu-satunya gol skuad Paman Sam dicetak oleh Haji Wright.

Gol pertama Belanda tercipta di menit ke-18 setelah Depay sukses menuntaskan umpan silang Dumfries. Sebelum turun minum, tepatnya di menit ke-45+1, Belanda menggandakan keunggulan melalui Daley Blind yang mengkonversi umpan silang mendatar Dumfries.

Amerika Serikat sempat memperkecil ketertinggalan di menit ke-76. Umpan silang Christian Pulisic disontek Haji Wright tanpa mampu digagalkan kiper Belanda.

Belanda akhirnya mencetak gol pamungkas lima menit berselang. Giliran Dumfries yang mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan Daley Blind, Dumfries melepaskan tembakan kaki kiri yang tak mampu dibendung Matt Turner.

Kubu Argentina sangat mewaspadai Belanda di babak perempat final. Sebagaimana dikatakan pelatih Argentina, Lionel Scaloni, Belanda adalah tim hebat dengan sejarah besar.

“Ini akan menjadi sebuah pertandingan yang hebat antara dua tim dengan sejarah besar. Sayangnya, satu tim harus gugur, dan saya harap kamilah yang lolos nanti.”

Mantan pelatih Atalanta itu mengakui mereka harus tampil bagus bila ingin menyingkirkan wakil Eropa itu.

“Kami akan menghadapi lawan yang sulit, tetapi mereka juga sama. Kami harap kami bisa bermain dengan baik. Mereka mungkin tak sekuat tim-tim Belanda di masa silam, tetapi mereka memiliki ide permainan yang sangat jelas.”

Hal senada diakui kapten Argentina, Lionel Messi. Bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu menyebut Belanda memiliki para pemain hebat.

Susunan pemain Belanda versus Amerika Serikat:

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake (Matthijs De Ligt 90′); Denzel Dumfries, Marten de Roon (Steven Bergwijn 46′), Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen (Teun Koopmeiners 46′); Cody Gakpo (Wout Weghorst 90′), Memphis Depay (Xavi Simons 82′).

Pelatih: Louis van Gaal (Belanda)

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest (DeAndre Yedlin 76′), Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson (Jordan Morris 90′); Tyler Adams, Weston McKennie (Haji Wright 67′), Yunus Musah; Tim Weah (Brenden Aaronson 67′), Jesus Ferreira (Giovanni Reyna 46′), Christian Pulisic.

Pelatih: Gregg Berhalter (Amerika Serikat).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *