Takluk 1-2 dari Irak, Timnas U-23 Indonesia Berebut Tiket ke Olimpiade Paris Melalui Playoff

Tim nasional U-23 Indonesia harus mengakui keunggulan timnas U-23 Irak dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024. Pada pertandingan yang digelar Kamis, 2 Mei 2024 malam WIB, skuad Garuda takluk dengan skor 1-2.

Kekalahan ini membuat tiket lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024 menjadi milik Irak. Sementara itu, peluang Indonesia ke pesta olahraga antarbangsa itu masih terbuka namun tersisa melalui jalur playoff.

Indonesia lebih dahulu membuka keunggulan di pertandingan kontra Irak melalui tandukan

Ivar Jenner. Namun, keunggulan Indonesia hanya bertahan delapan menit sebelum disamakan oleh Zaid Tahseen.

Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga waktu normal berakhir. Pertandingan pun berlanjut ke babak extra time. Irak suskes mencuri gol melalui Ali Jasim dan sanggup mempertahankan keunggulan hingga sebelum babak adu penalti.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengucapkan selamat kepada Irak yang lolos ke Paris. Ia mengakui lawan bermain baik terutama di babak kedua.

“Selamat untuk Irak yang lolos ke Olimpiade. Sangat disayangkan kami kalah karena kami sudah melakukan yang terbaik. Saya pikir Irak bermain bagus pada babak kedua,” tandas Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut Irak memiliki kedalaman skuad yang bagus sehingga bisa melakukan rotasi. Sementara itu Indonesia hampir selalu mengandalkan pemain yang sama.

“Ada perbedaan level performa, hampir semua laga kecuali 1-2 pemain kami harus memainkan 11 pemain sama. Mungkin itu sebab kami kesulitan,” sambung Shin Tae-yong.

Tersisa satu pertandingan penentuan ke Olimpiade Paris. Shin Tae-yong ingin agar para pemain Indonesia bisa menjalani pemulihan.

“Tentu saja para pemain sangat letih dan habis. Saya pikir selama 2-3 hari kami harus fokus recovery tanpa menyentuh bola setelah itu ada 3-4 hari kami akan menyentuh taktik dan analisis permainan lawan. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membawa kesempatan terakhir ini untuk lolos ke Olimpiade. Saya harap 4 tim Asia akan bertanding di Olimpiade,” tegasnya.

Di babak playoff, Indonesia akan menghadapi peringkat keempat Piala Afrika U-23 yakni Guinea pada 9 Mei 2024 di Prancis.

Apakah Marselino Ferdinan dan kawan-kawan mampu merebut tiket ke Paris?

Susunan pemain timnas U-23 Indonesia versus timnas U-23 Irak:

Timnas U-23 Irak (4-2-3-1): Hussein Hasan; Ahmad Maknazi, Josef Al Imam, Zaid Tahseen, Mustafa Saadoun; Muntadher Mohammed, Karrar Mohammed Ali; Bind Azad, Ali Jasim, Nihad Mohammed; Ridha Fadhil

Pelatih: Radhi Shenaishil Swadi

Timnas U-23 Indonesia (3-4-3): Ernando Ari; Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Muhammad Ferrari; Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Rio Fahmi; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Jeam Kelly Sroyer

Pelatih: Shin Tae-yong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *