Tekuk Tottenham Hotspur 2-0, Manchester City Dekati Tangga Juara Premier League 2023/2024

Manchester City kian dekat ke tangga juara Premier League 2023/2024. Berkat kemenangan 2-0 atas tuan rumah Tottenham Hotspur di laga tunda pekan ke-34 di Tottenham Hotspur Stadium, Rabu, 15 Mei 2024 dini hari WIB, The Citizen hanya butuh satu kemenangan lagi untuk mempertahankan gelar juara.

Sepasang gol tim tamu baru tercipta di babak kedua. Erling Haaland menjadi pahlawan dengan lesatan sepasang golnya.

Berkat kemenangan ini City kembali ke puncak klasemen dengan 88 poin, menggusur Arsenal dengan dua poin lebih sedikit.

Spurs tertahan di posisi kelima dengan 63 poin dan dipastikan gagal lolos ke Liga Champions Eropa musim depan.

City hanya butuh kemenangan di pertandingan terakhir kontra West Ham United untuk merayakan gelar juara.

“Kami senang di ruang ganti tetapi kami tahu ini belum selesai, kami tahu ini akan sulit pada hari Minggu,” ungkap Pep Guardiola.

Pelatih Manchester City itu menegaskan tekad mereka sebelum pertandingan untuk membawa pulang poin penuh dari kandang Spurs.

“Kami harus memenangkan pertandingan untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh tim lain.”

Ia secara khusus memberikan apresiasi kepada Stefan Ortega yang menjadi kiper pengganti namun bisa melakukan penyelamatan krusial, terutama peluang emas Son Heung-min.

“Dia telah melakukan ini sejak dia tiba. Kami melihat level kiper yang ia miliki. Dia melakukan penyelamatan luar biasa dan melakukannya berkali-kali.”

Ia memuji kinerja skuad Spurs yang memiliki sejumlah pemain cepat seperti Dejan Kulusevski, James Maddison, hingga Son Heung-ming.

“Tottenham begitu cepat dengan [Dejan] Kulusevski, [James] Maddison, [Heung-min] Son, [Brennan] Johnson, dan pergerakan [Pedro] Porro serta [Pape Matar] Sarr, mereka memiliki banyak senjata.”

Saat ini City mendekati sejarah sebagai tim pertama yang sanggup meraih empat gelar liga secara beruntun.

“Mereka bermain untuk menanggung konsekuensi dari hasil [di babak pertama], ketika Anda melakukan itu, Anda akan kehilangan Premier League. Anda tidak bisa tampil sesuai level Anda. Mereka adalah manusia, saya mengerti tekanannya.”

Pertandingan terakhir menghadapi West Ham adalah penentu. Ia menyadari situasi mereka dalam tekanan.

“Ini akan sama pada hari Minggu bagi kami melawan West Ham. Kami akan merasakan tekanan. Lihatlah Aston Villa beberapa musim lalu, tertinggal 2-0 dengan 15 menit tersisa, Sergio Aguero melawan QPR, sampai 93 menit. Itu adalah hal yang normal. Itulah mengapa kami berbicara dan mengatakan bahwa setiap orang harus rileks dan melakukan apa yang harus mereka lakukan, itu saja.”

Susunan pemain Tottenham Hotspur versus Manchester City:

Tottenham Hotspur: Guglielmo Vicario; Pedro Porro, Cristian Romero, Radu Dragusin, Micky van de Ven; Rodrigo Bentancur (Dejan Kulusevski 55′), Pierre-Emile Hojbjerg (Oliver Skipp 85′), Pape Matar Sarr (Giovani Lo Celso 85′); Brennan Johnson, Son Heung-min, James Maddison (Mikey Moore 90+3′).

Pelatih: Ange Postecoglou.

Man City: Ederson (Stefan Ortega 69′); Kyle Walker, Ruben Dias, Manuel Akanji, Josko Gvardiol; Mateo Kovacic, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Jeremy Doku 69′), Phil Foden; Erling Haaland.

Pelatih: Pep Guardiola.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *