Bungkam Ganda Korea, Apriyani Rahayu/Siti Fadia ke Final Malaysia Open 2022

Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti terus menjaga tren positif di Malaysia Open 2022. Apri/Fadia sukses melangkah ke partai final turnamen level Super 750 itu usai membungkam pasangan Korea Selatan, Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong.

Apri/Fadia menang straight set dengan skor 21-14, 22-20 untuk mengantar mereka ke final pertama di level elite itu.

Mampu mengunci gim pertama, Apri/Fadi sempat kesulitan di gim kedua. Keduanya malah sempat tertinggal 13-17. Namun, mereka berhasil bangkit untuk menyamakan kedudukan dan berbalik memimpin hingga akhirnya menyudahi permainan dalam dua gim.

“Rasanya senang dan bangga, tapi masih ada satu langkah lagi besok (Minggu, 3/7 –Red.). Kita mau terus konsisten dan tidak mau cepat puas,” beber Apri usai laga melansir siaran pers Humas PP PBSI.

Lebih lanjut, Apri mengatakan keduanya berusaha memanfaatkan lawan yang bersikukuh mempertahankan pola yang sama seperi di gim pertama.

“Di gim kedua tadi kita cuma fokus sama pertandingan. Kita sudah tahu pola permainan mereka dan di saat itu mereka tidak mengubah pola, sementara kita terus cari celah kelemahan mereka, dan akhirnya bisa menang,” sambungnya.

Ini merupakan pencapaian tersendiri bagi pasangan muda itu. Final ketiga setelah SEA Games 2021 yang berakhir dengan gelar juara dan Indonesia Masters 2022.

Apri mengaku bersyukur dengan penampilan mereka. Komunikasi yang baik di antara mereka menjadi salah satu kunci.

“Alhamdulillah, kita selalu bersyukur dan setiap pertandingan kita mau juara, mau kasih prestasi yang terbaik. Fadia bisa membawa saya sejauh ini, kembali ke final lagi, itu saya juga bersyukur. Kita terus menjaga komunikasi, berusaha semaksimal mungkin dan menata apa yang harus kita perbaiki.”

Selain itu, Fadia sempat tak menyangka mereka berhasil melangkah ke final. Ia sebelumnya menduga mereka butuh waktu cukup lama untuk bisa melangkah sejauh ini.

“Ada rasa tidak menyangka bisa masuk final tiga kali dalam empat turnamen pertama kita. Saya kira bakal pelan-pelan, perlu proses tapi saya juga percaya ini berkat latihan yang sungguh-sungguh karena saya tahu tidak ada usaha yang mengkhianati hasil,” tegas Fadia.

Tinggal selangkah lagi bagi pasangan ini untuk merebut gelar. Mereka akan menghadapi wakil China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu asal China.

Apri/Fadia memiliki modal bagus dengan keunggulan 1-0 dalam rekor pertemuan. Kemenangan itu diraih belum lama ini di babak 16 besar Indonesia Open 2022 dengan rubber game 21-16, 16-21, 21-18.

“Kita sudah pernah ketemu mereka, jadi sudah sedikit banyak tahu pola masing-masing,” beber Fadia.

Sayangnya, langkah Apri/Fadia tak bisa diikuti tunggal putra Jonatan Christie. Pemain yang karib disapa Jojo itu tak sanggup membendung laju Viktor Axelsen dari Denmark.

Jojo sempat memaksa pertandingan berlanjut hingga ke set ketiga. Namun, di set penentuan ia justru tampil antiklimaks dan harus mengakui keunggulan lawannya dengan skor akhir 15-21, 22-20, 11-21.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *