Tekuk Kosta Rika 4-2, Jerman Tetap Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Nasib buruk dialami tim nasional Jerman di Piala Dunia 2022. Pemilik empat gelar Piala Dunia itu harus angkat koper di babak grup.

Kemenangan 4-2 atas Kosta Rika di matchday ketiga Grup E di Al Bayt Stadium pada Jumat, 2 Desember 2022 dini hari WIB tak cukup meloloskan Der Panzer.

Jerman harus puas finis di posisi ketiga dengan empat poin dari tiga laga. Jerman kalah selisih gol dari Spanyol yang di waktu yang sama kalah 1-2 dari Jepang. Spanyol punya selisih gol lebih baik berkat kemenangan 7-0 atas Kosta Rika di matchday pertama.

Jepang mengemas enam poin dan lolos ke babak selanjutnya dengan status juara grup. Sementara itu, Kosta Rika yang mengalahkan Jepang di matchday sebelumnya finis sebagai juru kunci.

Empat gol Jerman di laga ini dicetak oleh Serge Gnabry di menit ke-10, Kai Havertz di menit ke-73 dan 85, dan Niclas Fullkrug di menit ke-89. Sementara itu sepasang gol Kosta Rika dicetak oleh Yeltsin Tejeda di menit ke-58 dan Juan Pablo Vargas di menit ke-70.

Seusai laga, Hansi Flick mengungkapkan rasa kecewanya atas raihan timnas Jerman di ajang Piala Dunia 2022. Bahkan, ia sudah tidak tahu lagi harus berkata seperti apa untuk menggambarkan kegagalannya membawa Der Panzer melangkah lebih jauh di turnamen tersebut.

“Saya tidak bisa berkata apa-apa. Saya sudah kecewa dan marah dengan tim di babak pertama. Kami membiarkan lawan masuk ke dalam permainan melalui kesalahan dan kecerobohan. Meski demikian, kami mampu memenangkan pertandingan,” beber Hansi Flick.

Pelatih timnas Jerman itu menyayangkan timnya yang banyak membuang kesempatan di laga-laga sebelumnya. Kegagalan ini menghadirkan kekecewaan mendalam.

“Mimpi buruk kami tidak terjadi hari ini, tetapi dalam 20 menit melawan Jepang. Kami bisa saja menang melawan Spanyol dengan sedikit lebih efisien. Namun demikian, kekecewaannya [tersingkir] sangat besar.”

Pelatih berusia 57 tahun itu kecewa lantaran timnya gagal memanfaatkan banyaknya peluang di babak pertama. Hasil akhir tentu akan berbeda bila mereka bisa tampil lebih efektif.

“Saya tidak berpikir tim tidak bersemangat. Kami melewatkan banyak peluang di babak pertama dan berusaha tampil lebih baik di babak kedua. Namun, kami telah memberikan kontribusi besar pada fakta bahwa kami sekarang pulang. Kekecewaan saya sangat besar, dan staf pelatih saya merasakan hal yang sama.”

Susunan pemain Kosta Rika versus Jerman:

Kosta Rika (3-4-2-1): Keylor Navas; Juan Pablo Vegas, Kendall Waston, Oscar Duarte; Bryan Oviedo, Keysher Fuller (74′ Jewison Bennette), Celso Borges, Yeltsin Tejeda; Brandon Aguilera (46′ Youstin Salas), Joel Campbell, Johan Venegas (74′ Ronald Matarrita)

Pelatih: Luis Fernando Suarez (Kolombia)

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; David Raum (67′ Mario Gotze), Antonio Rudiger, Niklas Sule, Joshua Kimmich; Ilkay Gundogan (55′ Niclas Fullkrug), Leon Goretzka (46′ Lukas Klostermann); Leroy Sane, Serge Gnabry, Jamal Musiala; Thomas Muller (67′ Kai Havertz)

Pelatih: Hansi Flick (Jerman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *