Sempat Buntu, Prancis Sukses Tekuk Polandia 3-1 demi Tiket Perempat Final

Tim nasional Prancis belum juga terbendung di Piala Dunia 2022. Sang juara bertahan baru saja mengklaim tiket perempat final usai memenangi pertarungan dengan timnas Polandia.

Pada pertandingan yang digelar di Al Thumama Stadium pada Minggu, 4 Desember 2022 malam WIB, Les Bleus menang dengan skor 3-1.

Prancis sempat mengalami kebuntuan sebelum Olivier Giroud mencetak gol jelang bubaran. Gol di menit ke-44 itu tidak lepas dari peran Kylian Mbappe yang memberikan asis di kotak penalti Polandia.

Gol ini berhasil merusak kepercayaan diri dan konsentrasi Polandia. Buktinya, gawang mereka kembali terkoyak setelah jeda. Giliran Mbappe yang dua kali mencatatkan namanya di papan skor, masing-masing di menit ke-74 dan 90+1.

Sementara itu, gol hiburan Polandia dicetak sang kapten, Robert Lewandowski dari titik penalti di menit ke-90+9.

Kemenangan ini mengantar Prancis ke delapan besar dan akan menghadapi Inggris. Inggris lolos usai mencatatkan kemenangan tiga gol tanpa balas atas juara Afrika, Senegal.

Pelatih Prancis, Didier Deschamps mengatakan tidak mudah bagi mereka untuk mengalahkan Polandia. Di awal babak pertama, lawan bermain begitu solid dan disiplin.

“Ini tidak mudah. Tim Polandia ini disusun dengan baik untuk membuat kami kecewa. Dengan sedikit memodifikasi penempatan posisi di babak pertama, kami menemukan lebih banyak koneksi,” beber Deschamps.

Mantan pemain timnas Prancis itu menyebut nama Mbappe sebagai sosok pemberi solusi. Kehadirannya membuat mereka berhasil mengatasi kebuntuan dan berbalik memimpin.

“Dan kemudian Kylian muncul dengan kemampuannya memecahkan masalah. Itu bagus untuk kami! Menjadi perempatfinalis malam ini mewujudkan persatuan dan pola pikir para pemain dan tim, dan staf yang bekerja, yang siap membantu mereka. Ini kegembiraan bersama.”

Deschamps juga menyoroti Jules Kounde yang ditegur wasit karena memakai kalung. Deschamps mengatakan pemain Barcelona tiu seperti percaya takhyul.

“Dia tidak punya hak. Saya tidak tahu apa yang ada pada lehernya. Saya tahu Jules memiliki sedikit kepercayaan terhadap takhayul. Dia juga memakainya saat berlatih,” beber Deschamps.

Deschamps mengatakan apa yang dilakukan Kounde salah besar. Sebab FIFA sudah menggariskan larangan memakai perhiasan di lapangan pertandingan.

“Wasit memberi tahu kami apa yang terjadi setelah pertandingan harus dihentikan sejenak. Pemain tidak diizinkan memakai gelang atau kalung.”

Susunan pemain Prancis versus Polandia:

Prancis (4-2-3-1): Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni (66′ Youssouf Fofana), Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (76′ Kingsley Coman), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (76′ Marcus Thuram)

Pelatih: Didier Deschamps

Polandia (3-4-3): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamal Glik, Jakub Kiwior (87′ Jan Bednarek); Matty Cash, Sebastian Szymanski (64′ Arkadiusz Milik), Grzegorz Krychowiak (71′ Krystian Bielik), Przemyslaw Frankowski (87′ Kamil Grosicki); Piotr Zielinski, Jakub Kaminski (71′ Nicola Zalewski), Robert Lewandowski

Pelatih: Czeslaw Michniewicz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *