Mateo Retegui Kembali Cetak Gol, Italia Tekuk Malta 2-0

Tim nasional Italia sukses memetik kemenangan dalam lanjutan pertandingan Kualifikasi Euro 2024. Menghadapi sesama kontestan Grup C, Malta, Gli Azzurri menang dua gol tanpa balas pada laga yang digelar di Ta’Qali National Stadium pada Senin, 27 Maret 2023 dini hari WIB.

Satu dari dua gol tim tamu dicetak oleh Mateo Retegui. Ini menjadi gol kedua bagi pemain naturalisasi bersama Italia setelah di pertandingan pertama menghadapi Inggris sukses mencetak gol debut.

Satu gol lainnya dicetak oleh Matteo Pessina. Retegui mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-27, meneruskan umpan sepak pojok Sandro Tonali.

Sementara itu gol kedua tercipta di menit ke-27 berawal dari umpan Emerson yang dibelokan Tonali lalu dituntaskan Pessina.

Italia memang mendominasi laga ini. Sayangnya, tim besutan Roberto Mancini itu gagal menambah pundi-pundi gol.

Ini menjadi kemenangan penting bagi Italia. Kemenangan pertama yang memberi mereka tiga poin pertama. Italia pun naik ke urutan kedua klasemen sementara Grup C dengan tiga angka.

Pelatih Italia tidak sepenuhnya puas dengan hasil tersebut. Ia menilai banyak hal kurang mengesankan diperagakan para pemain Italia.

“Ini adalah permainan di mana Anda harus kehilangan segalanya dan cenderung jelek. Kami melakukan beberapa hal dengan baik, yang lain kurang baik, yang terpenting adalah menang. Kami memecah kebuntuan lebih awal dan bisa mencetak lebih banyak, tapi pertandingan ini bisa jadi aneh,,” tegas Mancini.

Ia tak lupa menyinggung Retegui yang disebut butuh waktu untuk lebih menyatu dengan timnas Italia.

“Dia membuka skor, yang fundamental. Saya ulangi, dia butuh waktu, dia perlu mengenal sepak bola Eropa.”

Pelatih asal Italia itu sekali lagi menegaskan betapa permainan Italia belum sesuai harapan.

“Ini adalah permainan aneh di mana sulit untuk mendapatkan ritme, tidak ada ruang untuk dimainkan. Jadi Anda harus memiliki sikap terbaik untuk menang. Kami bisa melakukan segalanya dengan lebih baik, itu sudah pasti.”

“Ketika Anda unggul 2-0, Anda memiliki kesempatan untuk bermain dengan tekanan yang lebih sedikit dan kami seharusnya memanfaatkannya lebih banyak lagi,” pungkasnya.

Susunan Pemain Malta versus Italia:

Malta: Henry Bonello; Ferdinando Apap (James Brown 84′), Steve Borg, Cain Attard (Zach Muscat 64′); Joseph Mbong, Yannick Yankam, Matthew Guillaumier, Nikolai Muscat (Teddy Teuma 76′), Juan Corbalan; Alexander Satariano (Kyrian Nwoko 64′), Jodi Jones (Shawn Dimech 76′).

Pelatih: Michele Marcolini.

Italia: Gianluigi Donnarumma, Giovanni Di Lorenzo (Matteo Darmian 46′), Giorgio Scalvini (Rafael Toloi 83′), Alessio Romagnoli, Emerson; Matteo Pessina, Bryan Cristante, Sandro Tonali (Marco Verratti 67′); Matteo Politano, Mateo Retegui (Gianluca Scamacca 67′), Wilfried Gnonto (Vincenzo Grifo 22′).

Pelatih: Roberto Mancini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *