Gol Jordi Amat Selamatkan Indonesia dari Kekalahan atas Burundi

Tim nasional Indonesia terhindar dari kekalahan di laga kedua FIFA Matchday Maret 2023 menghadapi timnas Burundi.

Kembali bermain di Stadion Patriot Candrabhaa, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023), kedua tim menyudari pertandingan dengan skor identik 2-2.

Hasil ini berbeda dengan pertandingan pertama yang dimenangi Indonesia dengan skor 3-1.

Kali ini Burundi melakukan sejumlah perubahan termasuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk memimpin.

Menariknya, keempat gol di laga ini tercipta di babak kedua. Indonesia lebih dahulu memimpin melalui Witan Sulaeman di menit ke-61.

Tandukan Saido Berahino di menit ke-80 membuat skor sama kuat. Wakil Afrika itu kemudian berbalik memimpin melalui aksi Abedi Bigirimana di menit ke-90.

Empat menit berselang, tepat di masa injury time, Jordi Amat akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Pemain naturalisasi itu mencetak gol meneruskan tendangan bebas Marc Klok.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong angkat bicara usai laga. Ia membeberkan sebab di balik hasil imbang tersebut.

“Para pemain bekerja keras secara keseluruhan. Mereka terlihat kelelahan karena berpuasa. Seharusnya kami bisa bermain lebih baik, tetapi tidak bisa melakukannya,” beber Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu melihat sisi positif di balik hasil seri ini. Salah sautnya adalah peningkatan dari sisi mental.

“Namun secara mental, kami sudah baik. Kami tidak menyerah sampai akhir. Karena itu, saya mengapresiasi pemain untuk kekuatan mental mereka.”

Ia melihat potensi skuad Indonesia untuk menjadi tim yang disegani tidak hanya di level Asia Tenggara tetapi juga Asia.

“Sedikit lagi saja soal mental, pasti bisa jadi tim level Asia, tidak cuma ASEAN,” tegasnya.

Susunan pemain Timnas Burundi versus Timnas Indonesia:

Timnas Burundi (4-3-3): Rukundo Onesime; Harerimana Rashid, Muhindo Collin, Kamsoba Elvis, Nahima Shassiri; Nduwarugira Christophe, Nshimirmana Ismail, Nshimirmana Jospin; Saido Berahino, Musore Aaron, Shabani Hussein

Pelatih: Ndayiragije Etienne

Timnas Indonesia (4-3-3): Syahrul Trisna; Yance Sayuri, Jordi Amat, Elkan Baggott, Edo Febriansyah; Marc Klok, Ricky Kambuaya Yakob Sayuri; Stefano Lilipaly, Dendy Sulistyawan, Dimas Drajad

Pelatih: Shin Tae-yong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *