Erling Haaland Garang, Manchester City Bekuk Everton 2-0

Erling Haaland menunjukkan peran pentingnya saat Manchester City menghadapi Everton di pekan ke-24 Premier League 2023/2024. Bermain di kandang sendiri di Stadion Etihad pada Sabtu, 10 Februari 2024, The Citizen menang dua gol tanpa balas.

Haaland tampil prima dengan menjadi pahlawan bagi tuan rumah. Striker asal Norwegia itu memborong dua gol Manchester Biru.

Kedua gol itu baru tercipta di pertengahan babak kedua. Kehadiran Haaland sungguh penting bagi tim besutan Pep Guardiola itu sehingga bisa meraih poin sempurna.

Tambahan tiga angka, City kini mengemas 52 poin dan boleh merasakan manisnya puncak klasemen, menggusur Liverpool yang baru akan bermain beberapa jam berselang.

Sementara itu, posisi Everton sungguh memilukan. The Toffees menempati posisi ke-18 dengan 19 angka dan terancam turun kasta musim depan bila tidak segera bangkit di sisa musim ini.

Haaland membuka keunggulan City di laga ini di menit ke-71 usai memaksimalkan kemelut di mulut gawang lawan.

Haaland yang sempat absen karena cedera kembali unjuk gigi dengan gol keduanya di menit ke-85, memanfaatkan asis Kevin De Bruyne.

Pelatih Pep Guardiola sangat senang dengan reaksi yang ditunjukkan timnya setelah mengalami kesulitan sepanjang babak pertama.

Pelatih asal Spanyol itu menyebut persaingan di Premier League sungguh ketat. Terbukti tim kuat seperti City tidak bisa dengan mudah memetik kemenangan menghadapi tim papan bawah.

“Saya suka menang dengan cara sulit seperti ini. Ini menunjukkan betapa sulitnya Premier League. Tidak semudah itu meraih kemenangan.”

Ia menegaskan betapa tidak mudahnya pertandingan ini terlihat dari bagaimana reaksi para pemain setelah mampu mencetak gol.

“Bagaimana mereka merayakannya membuktikan bahwa laga ini sulit dan betapa puasnya mereka.”

Guardiola sebenarnya sudah memprediksi laga ini tidak akan berjalan mulus bagi mereka. Ditambah lagi mereka kini dalam upaya memburu puncak klasemen.  Baginya setiap pertandingan di sisa musim ini tak ubahnya partai final.

“Kami mempunyai pengalaman bahwa kami tetap tenang di tahap-tahap ini. Semua pertandingan adalah final.”

“16 pertandingan itu banyak di Premier League –banyak– dan mengetahui dan melihat pesaing seperti Liverpool, terutama, dan Arsenal, Aston Villa, dan Tottenham selalu ada di sana.”

Mantan pelatih Barcelona itu menyebut tim-tim lain pun berjuang untuk tidak sampai tergelincir sehingga bisa terus memberikan ancaman dalam perburuan posisi di papan atas klasemen.

Susunan Pemain Manchester City versus Everton:

Manchester City: Ederson; Manuel Akanji (Kyle Walker 57′), Ruben Dias, John Stones, Nathan Ake; Matheus Nunes (Kevin De Bruyne 57′), Rodri; Phil Foden, Julian Alvarez (Bernardo Silva 77′), Jeremy Doku (Jack Grealish 87′); Erling Haaland.

Pelatih: Pep Guardiola.

Everton: Jordan Pickford; Ben Godfrey (Seamus Coleman 56′), James Tarkowski, Jarrad Branthwaite, Vitaliy Mykolenko; Ashley Young (Amadou Onana 78′), Idrissa Gueye (Youssef Chermiti 89′), James Garner, Dwight McNeil (Lewis Dobbin 88′); Jack Harrison; Dominic Calvert-Lewin (Beto 78′).

Pelatih: Ian Woan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *