Arsenal Singkirkan Porto di Babak 16 Besar Liga Champions 2023/2024 via Adu Penalti

Arsenal sukses meraih kemenangan di babak 16 besar Liga Champions 2023/2024. The Gunners menyingkirkan FC Porto melalui adu penalti pada pertandingan leg kedua di Stadion Emirates pada Rabu, 13 Maret 2024 dini hari WIB.

Kedua tim mengakhiri pertandingan hingga extra time dengan skor 0-1 untuk kemenangan Arsenal. Berhubung Arsenal kalah 0-1 di leg pertama maka agregat kedua tim imbang 1-1. Pemenang pun harus ditentukan melalui adu tos-tosan.

Dalam drama adu penalti, tuan rumah menang dengan skor 4-2.

Arsenal lebih dahulu memimpin melalui Leandro Trossard di babak pertama. Gol ini sekaligus menjadi satu-satunya di waktu normal.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta berbicara terkait persiapan mereka sebelum pertandingan ini. Ia mengatakan mereka harus membuat keputusan yang tepat dan tampil berani.

“[Kami] mempersiapkan diri sebaik mungkin, membuat banyak keputusan yang tepat dan kemudian berani,” tandas Arteta.

Pelatih asal Spanyol itu mengatakan dalam situasi tertinggal mereka tidak punya pilihan lain selain bermain agresif.

“Anda tidak bisa menunggu dalam situasi seperti ini, Anda harus pergi menyerang dan mewujudkannya. Itulah pendekatan kami pada pertandingan nanti.”

Tidak hanya dari para pemain, mantan asisten pelatih Pep Guardiola itu juga meminta dukungan para penggemar untuk memadati Emirates Stadium.

“Saya pikir dampak yang bisa mereka [para penggemar] berikan besok sangat luar biasa. Saya rasa mereka tidak menyadarinya.”

Ia ingin mendengar kebisingan dari para pendukung untuk menyemangati para pemain Arsenal.

“Kami membutuhkan kebisingan itu, kami membutuhkan mereka untuk memainkan setiap bola bersama kami dan kami juga membutuhkan kendali emosi untuk memahami bahwa permainan akan melewati fase-fase tertentu dan kami harus benar-benar cerdas untuk mendapatkan apa yang kami inginkan.”

Baginya ini menjadi kesempatan terbaik bagi mereka untuk unjuk gigi dan meraih kemenangan agar bisa lolos ke babak perempat final.

“Ini adalah kesempatan yang indah untuk menjalani salah satu malam itu. Sudah 14 tahun berlalu, jadi semua yang kami lakukan di sana akan terbayarkan.”

Ia tidak mau membuat para pendukung kecewa. Ia ingin menorehkan catatan manis di kandang sendiri.

“Itulah kesempatan yang kami miliki besok. Di depan para pendukung kami, di stadion kami selama 96 menit. Bawa energi Anda, bawa suara Anda dan mari kita lakukan bersama-sama.”

Ternyata apa yang ditargetkan Arteta terbukti di lapangan pertandingan.

Susunan pemain Arsenal versus Porto:

Arsenal: David Raya; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Jakub Kiwior (Oleksandr Zinchenko 106′); Martin Odegaard, Jorginho (Gabriel Jesus 83′), Declan Rice; Bukayo Saka, Kai Havertz, Leandro Trossard (Eddie Nketiah 106′).

Pelatih: Mikel Arteta.

Porto: Diogo Costa; Joao Mario (Jorge Sanchez 85′), Pepe, Otavio, Wendell; Alan Varela (Marko Grujic 90′), Nico Gonzalez (Stephen Eustaquio 101′); Francisco Conceicao (Goncalo Borges 101′), Pepe Aquino, Galeno; Evanilson (Mehdi Taremi 88′).

Pelatih: Sergio Conceicao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *