Anthony Ginting Susah Payah ke 16 Besar Malaysia Open 2022

Pemain tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting harus bersusah payah memetik kemenangan di babak 32 besar Malaysia Masters 2022.

Menghadapi wakil Jepang, Kenta Nishimoto, Ginting harus bertarung lebih dari satu jam untuk memetik kemenangan rubber game, 8-21, 21-14, 22-20.

“Pertama-tama mengucap syukur, Puji Tuhan bisa bermain dengan baik dan menyelesaikan pertandingan tanpa cedera. Kondisinya tidak berbeda jauh dengan minggu lalu. Jadi tadi bagaimana mengadu strategi di lapangan,” beber Ginting suai laga melansir siaran pers Humas PP PBSI.

Lebih lanjut, pemain kelahiran Cimahi, Jawa Barat itu mengaku dirinya kesulitan di gim pertama karena kondisi lapangan yang tak menguntungkan.

“Di gim pertama memang kondisi lapangan kurang baik. Jadi lawan lebih mengontrol permainan. Di gim kedua sebaliknya saya yang bisa mengontrol pertandingan. Di gim ketiga strateginya adalah bagaimana sebelum interval poin saya tidak terlalu jauh dari dia bilapun tertinggal.”

Ginting sempat berada dalam tekanan saat di gim penentu, tertinggal 8-11. Namun, Ginting berhasil mengejar ketertinggalan hingga berhasil mengunci kemenangan.

“Di perjalanan gim ketiga itu sampai poin 20-16, saya memang lebih banyak menunggu dulu, tidak agresif melakukan serangan. Saya coba membuat dia lari ke depan, belakang, kiri dan kanan. Saat lawan salah membuang bola, baru saya menyerang,” beber Ginting.

Namun, saat mencapai “match point” Ginting salah menerapkan strategi. Lawannya berhasil mendapat empat poin beruntun untuk kembali menyamakan kedudukan. Untungnya, Ginting berusaha untuk menjaga fokus dan lebih tenang di poin-poin kritis.

“Tapi sesudah match point, saya malah terburu-buru, inginnya menyerang duluan dan itu bikin dia lebih enak, apalagi defense-nya juga sedang bagus hari ini. Saat setting saya coba lebih tenang lagi saja,” tutupnya.

Ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari berhasil memetik kemenangan saat menghadapi pasangan Denmark Mathias Thyrri/Amalie Magelund. Rinov/Pitha menang dua gim langsung 21-16, 21-14 untuk meraih satu tiket ke babak 16 besar turnamen level Super 500 itu.

“Kita masih memperbaiki pola permainan dan fokusnya. Alhamdulillah, hari ini kita bisa bermain lebih baik dibandingkan lawan pasangan Hong Kong minggu lalu di Malaysia Open dimana kita underperformed sekali dan tidak bisa keluar dari tekanan. Jadi hari ini sudah lumayan membaik,” beber Rinov.

Rinov/Pitha menghadpai lawan berat di babak selanjutnya. Pasangan Jepang, Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo akan menjadi lawan mereka. Namun Rinov/Pitha unggul 3-1 dalam rekor pertemuan.

“Besok lawan Jepang (Yuki/Misaki), sudah tahu permainan masing-masing, sudah sering bertemu juga. Harus lebih siap lagi sejak masuk lapangan karena di sini kondisi angin berubah-ubah. Jangan sampai lengah,” tandas Rinov.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *