Ribka Sugiarto/Febby Valencia ke Babak 16 Besar Malaysia Masters 2022

Ganda putri Indonesia Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani memetik hasil positif di babak 32 besar Malaysia Masters 2022.

Ribka/Febby berhasil menumbangkan wakil tuan rumah, Low Yeen Yuan/Valeree Siow, dengan dua gim langsung 21-12, 21-17 di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Selasa (5/7/2022) sore waktu setempat.

Ribka/Febby bisa tampil leluasa untuk mengendalikan pertandingan hingga menyudahi laga berdurasi 32 menit itu. Meski begitu, keduanya tetap merasa kurang puas dengan penampilan mereka.

“Pertandingan tadi berjalan dengan lancar dan bisa diberikan kemenangan. Tapi dari sisi permainan masih sedikit bingung dengan arah angin. Tetapi itu bukan jadi alasan untuk tidak bisa main atau apa, kami tetap fokus satu poin demi satu poin,” beber Febby melansir siaran pers Humas PP PBSI.

Ribka mengatakan di gim pertama keduanya menang angin sehingga lebih nyaman saat menyerang. Namun, di gim kedua, keduanya justru banyak melakukan kesalahan sendiri.

“Gim pertama kami menang angin, jadi lebih enak untuk menyerang. Selain itu, kami main safe sekali. Tapi di gim kedua kami mulai melakukan kesalahan sendiri, mati-mati sendiri. Harusnya bola mudah tidak boleh mati sendiri,” beber Ribka.

Hal tersebut masih menjadi perhatian mereka. Di pekan sebelumnya langkah mereka terhenti di babak perempat final Malaysia Open 2022.

“Kami terus evaluasi bagaimana caranya untuk tidak mudah mati sendiri. Fokusnya harus ditingkatkan juga mainnya harus safe,” aku Ribka.

Sementara itu, dari sektor tunggal putri, Putri Kusuma Wardani berhasil memetik kemenangan atas pemain Taiwan, Wen Chi Hsu, melalui dua gim langsung 21-16, 21-16.

Kemenangan di babak kualifikasi ini mengantar pemain berperingkat 47 BWF itu ke babak utama turnamen Super 500 itu.

“Di gim pertama tadi saya sudah tahu lapangannya menang angin, tapi di awal-awal malah saya tambahin tenaga. Jadi pukulannya out semua. Setelah interval pelatih bilang ke saya untuk lebih banyak menurukan bola dan pegang bola depannya dan itu berhasil saya terapkan,” beber Putri.

Lebih lanjut, Putri mengatakan pola serupa dipertahankan di babak kedua. Ia sempat merasa tegang. Namun pada akhirnya ia bisa mengatasinya.

“Di gim kedua polanya sama dan harus lebih kontrol bolanya. Saya ada tegang tadi, tapi, Alhamdulillah bisa teratasi.”

Pekan lalu langkah Putri KW terhenti di babak 32 besar. Ia menyerah dari pemain Denmark, Line Højmark Kjaersfeldt.

Bagi Putri KW kekalahan itu memberinya banyak pelajaran berharga. “Minggu lalu saat kalah dari Line, di gim ketiga saya mengubah pola sendiri. Ini salah dan harus diperbaiki. Di sini saya harus lebih konsisten menerapkan pola main yang sudah disiapkan,” ungkap Putri.

Putri akan menghadapi ujian berat di babak 32 besar. Ia akan menantang pemain China, Zhang Yi Man.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *