Timnas Indonesia Takluk 0-5 dari Iran di Uji Coba Jelang Piala Asia 2023

Tim nasional Indonesia harus mengakui keunggulan timnas Iran dalam laga uji coba resmi jelang Piala Asia 2023.

Bertanding di Al Rayyan Sports Club Training, Qatar pada Selasa, 9 Januari 2024 malam WIB, skuad Garuda takluk dengan skor telak 0-5.

Kekalahan ini menjadi pelajaran penting bagi armada Shin Tae-yong. Iran adalah tim tangguh yang diperkuat sejumlah pemain top yang berkarier di Eropa dan saat ini menempati ranking 21 FIFA.

Iran sendiri akan berkompetisi di Piala Asia 2023 yang bergabung di Grup C. Dalam uji coba sebelumnya Iran mengalahkan Burkina Faso 2-1. Sedangkan Indonesia takluk 0-4 dan 1-2 dari Libya dalam uji coba di Turki.

Menghadapi Indonesia, Iran begitu superior. Babak pertama tim yang dilatih Amir Ghalenoei ini mampu mencetak tiga gol melalui Shaman Ghoddoos di menit kedua, Roozbeh Cheshmi di menit ke-21, dan Shahriyar Moghanlou di menit ke-35.

Dua gol lainnya terjadi di babak kedua yang diborong oleh Mehdi Ghayedi.

Pelatih Iran pun melakukan sejumlah perubahan di babak kedua, termasuk menurunkan striker utama yang bermain untuk FC Porto, Mehdi Taremi.

Walau kalah telak Shin Tae-yong tetap mengapresiasi anak asuhnya. Pelatih asal Korea Selatan itu menyebut timnya sudah berjuang maksimal.

“Pemain sudah berjuang dan kerja keras di lapangan. Memang ada beberapa kesalahan dari lini belakang kita, apalagi ada tiga gol yang merupakan hasil dari kesalahan kita sendiri, ” tandas Shin Tae-yong melansir situs resmi PBSI.

Lebih lanjut, ia berencana melakukan persiapan tersendiri terutama mengantisipasi permainan lawan yang banyak menguasai bola.

“Kedepannya lawan akan lebih banyak menguasai bola. Karenanya kita akan melatih situasi itu, agar pemain bisa mencari celah untuk menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik, ” tambahnya.

Shin Tae-yong juga mengomentari ketidakhadiran sejumlah pemain seperti Asnawi Mangkualam dan Shayne Pattynama.

“Untuk Asnawi memang sebelumnya ada masalah otot, jadi fokus rehabilitasi selama ini, dan emmang hanya dimainkan 20-30 menitan untuk cek kondsi Asnawi seperti apa. Jadi di awal pertandingan Asnawi tidak bisa main sebagai kapten, mana dari itu wakil kapten, Jordi yang jadi kapten hari ini, ” ungkapnya.

Sementara itu terkait Shayne, ia tak mau berkomentar lantaran sang pemain masih memiliki urusan keluarga di Belanda.

Susunan pemain timnas Indonesia versus timnas Iran:

Indonesia (3-4-3): 21-Ernando Ari Sutaryadi (PG); 5-Rizki Ridho Ramadhani, 4-Jordi Amat, 3-Elkan Baggott; 2-Yakob Sayuri, 24-Ivar Jenner, 20-Justin Hubner, 12-Pratama Arhan; 7-Marselino Ferdinan, 27-Rafael Struick, 8-Witan Sulaeman

Cadangan: 26-Syahrul Trisna (PG), 1-Muhammad Riyandi (PG), 19-Wahyu Prasetyo, 13-Edo Febriansyah, 6-Sandy Walsh, 23-Marc Klok, 15-Ricky Kambuaya, 17-Saddil Ramdani, 10-Egy Maulana Vikri, 9-Dimas Drajad, 18-Ramadhan Sananta, 16-Hokky Caraka, 14-Asnawi Mangkualam, 11-Dendy Sulistyawan, 28-Arkhan Fikri, 29-Adam Alis.

Pelatih: Shin Tae-yong

Iran (4-4-2): H. Hosseini (Kiper) Yousefi, Khalilzadeh, M. Hosseini, Hajsaf (Belakang) Jahanbakhsh, Cheshmi, Ghoddos, Torabi (Tengah) Asadi, Moghanlou (Depan).

Pelatih: Amir Ghalenoei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *