Napoli Bungkam Frankfurt 2-0 di Leg Pertama 16 Besar Liga Champions

Napoli berhasil memetik kemenangan di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa menghadapi Eintracht Frankfurt pada Rabu, 22 Februari 2023 dini hari WIB.

Menghadapi tuan rumah di Deutche Bank Park, Partenopei menang dua gol tanpa balas.

Sepasang gol tim tamu dicetak oleh Victor Osimhen di menit ke-40 dan Di Lorenzo di menit ke-65.

Gol pertama berawal dari serangan balik cepat Napoli. Lozano mengirim umpan silang yang diteruskan Osimhen dengan tembakan terarah ke tiang jauh tanpa bisa digagalkan penjaga gawang tuan rumah.

Kemenangan Napoli dikunci oleh Di Lorenzo yang menuntaskan umpan Kvaratskheila. Beberapa menit sebelumnya, Frankfurt harus bermain dengan 10 orang pemain setelah Randal Kolo Muani mendapat kartu merah langsung, tepat di menit ke-58.

Pelatih Napoli sangat puas dengan penampilan timnya. Modal keunggulan dua gol tandang yang membuat mereka hanya perlu bermain imbang di kandang untuk lolos ke babak berikutnya.

“Saya sangat puas dengan penampilan kami hari ini, karena sejak awal tim bermain dengan karakter, mengendalikan permainan dan melakukan apa yang ingin kami lakukan. Tidak ada keluhan, meski kami memiliki peluang untuk mencetak lebih banyak gol, tapi ini bagus,” beber Spalletti.

Pelatih asal Italia itu mengatakan kunci kemenangan mereka adalah menjaga keseimbangan.

“Kuncinya adalah bahwa dalam upaya mencetak gol kedua, kami tidak boleh kehilangan keseimbangan. Tim melakukan pendekatan yang matang dan saya senang dengan hal tersebut.”

Pelatih berusia 63 tahun itu senang karena mereka tampil bagus sekaligus menunjukkan gaya menyerang yang berbeda dengan karakter sepak bola Italia.

“Saya senang meskipun tidak tersenyum. Tim memainkan pertandingan yang hebat, orang-orang mengatakan bahwa kami mungkin akan memainkan sepakbola terbaik Italia karena di Italia sepakbolanya buruk.”

Sebaliknya, ia menduga lawannya justru mengadopsi gaya main Italia yang cenderung defensif dan menunggu.

“Mungkin Eintracht bermain dengan gaya Italia dengan menunggu dan bertahan. Sudah saatnya kita menyingkirkan klise tentang sepakbola Italia yang bertahan,” tegasnya.

Susunan pemain Eintracht Frankfurt versus Napoli:

Eintracht Frankfurt (3-4-3): Kevin Trapp; Tuta, Kristijian Jakic, Evan Ndicka; Aurelio Buta (69′ Ansgar Knauff), Daichi Kamada, Djibril Sow, Philipp Max; Jesper Lindstrom (69′ Rafael Borre), Randal Kolo Muani, Mario Gotze (81′ Faride Alidou).

Pelatih: Oliver Glasner

Napoli (4-3-3): Alex Meret; Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Kim Min-Jae, Mathias Olivera; Frank Anguissa (80′ Tanguy Ndombele), Stanislav Lobotka, Piotr Zielinski; Hirving Lozano (80′ Eljif Elmas), Victor Osimhen (84′ Giovanni Simeone), Kvaratskhelia (84′ Matteo Politano).

Pelatih: Luciano Spalletti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *