RB Leipzig Imbangi Manchester City di Leg Pertama 16 Besar Liga Champions

RB Leipzig berhasil menahan imbang Manchester City di leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa 2022/2023.

Bermain di kandang sendiri di Red Bull Arena, Kamis, 23 Februari 2023 dini hari WIB, Leipzig memaksa City berbagi satu gol dengan skor akhir 1-1.

City sebenarnya mampu mendominasi pertandingan terutama di babak pertama. Tim tamu pun sanggup memecah kebuntuan di menit ke-27 melalui aksi Riyad Mahrez.

Sayangnya, penampilan City mengendor di paruh kedua. Sebaliknya, tuan rumah justru mampu bangkit untuk menyamakan kedudukan melalui Josko Gvardiol di menit ke-70.

Hasil imbang ini membuat kedua tim masih berpeluang yang sama untuk lolos. Pertandingan leg kedua akan digelar di kandang City di Etihad Stadium pada pertengahan Maret nanti.

City perlu memaksimalkan faktor tuan rumah untuk mencetak gol dan memenangi pertandingan.

Tekad tersebut ditegaskan pelatih City, Pep Guardiola. Ia mengakui ekspekti sebelum laga adalah mereka bisa memenangi pertandingan dengan skor mencolok.

“Anda punya ekspektasi kami datang ke sini dan menang 5-0? Ekspektasi itu tidak nyata.”

Pelatih asal Spanyol itu menegaskan kompetisi ini tidak menjamin kemenangan bagi tim-tim unggulan. Buktinya, di fase grup banyak tim yang dijagokan malah tersandung.

“Liga Champions adalah kompetisi di mana pada fase grup saja banyak tim penting sudah tersingkir.”

“Kami adalah tim bagus dan kami melakukan banyak hal bagus. Kami terus melakukan ini. Orang-orang memperkirakan kami datang ke sini dan menang 4-0.”

Mantan pelatih Barcelona itu meminta maaf kepada para penggemar City lantaran timnya tak mampu memenangi laga tandang.

“Saya minta maaf kami tidak dapat melakukan itu.”

Ia bertekad akan tampil habis-habisan di leg kedua. Dengan nada bergurau ia mengaku akan memainkan sembilan striker di Etihad nanti.

“Mungkin pada leg kedua saya akan menggila dan bermain dengan 9 striker,” tegasnya.

Guardiola pun mengungkapkan alasannya tidak melakukan pergantian pemain meski timnya kesulitan menambah gol.

“Saya melihat tim bermain bagus, terutama di lini tengah. Pada akhirnya, saya memutuskan untuk melanjutkan apa yang saya miliki di lapangan,” pungkasnya.

Susunan pemain RB Leipzig versus Manchester City:

RB Leipzig (4-2-2-2): Janis Blaswich; Lukas Klostermann (46′ Benjamin Henrichs), Willi Orban, Josko Gvardiol, Marcel Halstenberg; Konrad Laimer, Xaver Schlager (82′ Amadou Haidara); Dominik Szoboszlai, Emil Forsberg (66′ Christopher Nkunku); Timo Werner, Andre Silva (82′ Yussuf Poulsen).

Pelatih: Marco Rose

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake; Rodri, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Bernardo Silva, Jack Grealish; Erling Haaland.

Pelatih: Josep Guardiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *