Mengejutkan, Ukraina Tekuk Spanyol di UEFA Nations League

Tim nasional Spanyol harus menelan pil pahit di matchday keempat UEFA Nations League A Grup 4. Menghadapi tuan rumah Ukraina di NSC Olimpiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina pada Rabu, 14 Oktober 2020 dini hari WIB, La Furia Roja takluk satu gol tanpa balas.

Pahlawan kemenangan Ukraina adalah Tsygankov yang mencetak gol di babak kedua, tepatnya 15 menit sebelum bubaran.

Kekalahan ini tentu mengejutkan bagi para penggemar Spanyol. Pasalnya Tim Matador mampu menguasai jalannya pertandingan. Sementara itu tuan rumah yang berada dalam posisi tertekan akhirnya mampu mencuri gol di penghujung laga.

Ini merupakan kekalahan pertama Spanyol di fase grup. Meski kalah Sergio Ramos dan kawan-kawan tetap menguasai puncak klasemen dengan raihan tujuh poin dari empat pertandingan.

Pelatih Spanyol, Luis Enrique mengatakan timnya sebenarnya memiliki banyak peluang untuk mencetak gol. Sayangnya tak satu pun yang mampu berbuah gol.

“Bukan masalah besar jika dalam satu atau dua pertandingan kami tidak mencetak gol. Hari ini kami membuat cukup banyak peluang untuk mendapatkan gol,” beber Enrique.

Lebih lanjut mantan pelatih Barcelona itu mengatakan timnya sudah berusaha untuk menguasai pertandingan dan membuat ruang greak tuan rumah terbatas.

“Ditambah kami juga mendominasi sepanjang 90 menit. Meski lawan yang kami hadapi berusaha untuk mempersempit ruang dan menutup garis umpan kami.”

Namun demikian ia menilai pertandingan seperti hari ini tidak adil bagi mereka. Namun ia mengakui permainan yang dipergakan timnya sangat berisiko untuk mendapatkan hasil negatif seperti ini.

“Saya telah kehilangan banyak pertandingan seperti ini dalam karir saya. Ini adalah jenis permainan yang bisa membuat Anda dikalahkan.”

Meski begitu, Enrique tetap berpikir positif terkait timnya. Ia tetap merasa senang dengan sikap dan menatilas para pemain Spanyol.

“Kesimpulan saya adalah bahwa saya menyukai sikap para pemain saya – saya menyukai sebagian besar dari apa yang saya lihat,” tegasnya.

Susunan pemain Timnas Ukraina versus Timnas Spanyol:

Timnas Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Vitalii Mykolenko, Eduard Sobol; Serhiy Sydorchuk (60′ V. Kovalenko), Evgeniy Makarenko, Mykola Shaparenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk, Oleksandr Zubkov (65′ V. Tsygankov).

Pelatih: Andriy Shevchenko

Timnas Spanyol (4-3-3): David de Gea; Jesus Navas, Sergio Ramos, Pau Torres, Sergio Reguilon; Mikel Merino (46′ Dani Ceballos), Rodri, Sergio Canales (74′ Daniel Olmo); Adama Traore, Rodrigo (58′ Mikel Oyarzabal), Ansu Fati (58′ Ferran Torres).

Pelatih: Luis Enrique

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *