Italia dan Belanda Berbagi Angka di Matchday 4 UEFA Nations League

Tim nasional Italia dan timnas Belanda harus berbagi angka di matchday keempat UEFA Nations League yang berlangsung pada Kamis, 15 Oktober 2020 dini hari WIB. Laga yang berlangsung di kandang Italia di Stadion Gewiss, Bergamo itu berakhir dengan skor 1-1.

Gol tunggal tuan rumah dicetak oleh Lprenzo Pellegrini di babak pertama. Sementara itu gol semata wayang Belanda dicetak oleh Donny van de Bekk, juga di paruh pertama.

Hasil imbang ini membuat kedua tim sementara itu berada di urutan kedua dan ketiga. Italia yang mengemas total enam poin berada di posisi kedua klasemen Liga A Grup 1, sementara itu Belanda dengan raihan total lima poin berada satu tingkat di belakangnya.

Baik Italia maupun Belanda sama-sama menurunkan formasi terbaik di laga ini. Sebagai tuan rumah Italia langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal laga. Tuan rumah pun sanggup membuka keunggulan di menit ke-16 setelah Pellegrini sukses menuntaskan assist Nicolo Barella.

Keunggulan Belanda ternyata tidak berlangsung lama. Sembilan menit kemudian tim tamu berhasil menyamakan kedudukan. Berawal dari umpan Memphis Depay, Van de Beek sukses mengkonversi menjadi gol.

“Ini pertama kalinya mereka (Belanda) mengubah sistem dan hal itu mengejutkan. Tapi kami sadar sejak awal laga ini akan berjalan ketat,” beber Roberto Mancini.

Usai laga pelatih Italia itu mengatakan Belanda sempat memberikan masalah buat mereka. Namun demikian dengan permainan menyerang yang diperagakan timnya mampu mengukir peluang lebih banyak.

“Lawan kami juga mampu menciptakan sejumlah masalah buat kami, dan itulah yang terjadi di laga tadi. Secara keseluruhan, kami bermain menyerang dan memiliki peluang bersih paling banyak.”

Ia mengatakan kedua tim mempertontonkan pertandingan yang bagus. Target selanjutnya adalah menghadapi Polandia untuk memperebutkan status juara grup.

“Tadi itu laga yang bagus, pertarungan yang nyata. Sekarang kami tinggal menghadapi Polandia untuk memperebutkan posisi juara grup. Kami harus memenangi dua laga terakhir untuk lolos,” tegasnya.

Sementara itu pelatih Belanda, Frank de Boer mengatakan dirinya memang sengaja mengubah formasi timnya.

“Saya memasang lima bek supaya para penyerang kami tak perlu turun saat para pemain Italia melakukan overlapping,” beber mantan pemain timnas Belanda itu.

Susunan Pemain Timnas Italia versus Timnas Belanda:

Italia: Gianluigi Donnarumma; Danilo D’Ambrosio, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Marco Verratti (Manuel Locatelli 56′); Federico Chiesa (Moise Kean 55′), Ciro Immobile, Lorenzo Pellegrini (Alessandro Florenzi 72′).

Pelatih: Roberto Mancini

Belanda: Jasper Cillessen; Stefan de Vrij, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind (Joel Veltman 77′); Hans Hateboer, Donny van de Beek, Frenkie de Jong, Georginio Wijnaldum; Luuk de Jong, Memphis Depay (Ryan Babel 90′).

Pelatih: Frank De Boer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *