Menang Dramatis Atas Korea Selatan, Timnas U-20 Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023

Tim nasional U-20 Indonesia berhasil memetik kemenangan di pertandingan terakhir penyisihan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Minggu, 18 September 2022 malam WIB, Garuda Muda menang dramatis dengan skor tipis, 3-2.

Kedua tim mengakhiri babak pertama tanpa gol. Indonesia mulai membuka keunggulan di menit ke-60. Marselino Ferdinan yang merupakan pemain pengganti, menggantikan Ronaldo Kwateh berhasil melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti tanpa bisa digagalkan kiper tim tamu, Cao Van Binh.

Vietnam langsung memberikan reaksi. Enam menit kemudian, skema serangan cepat Vietnam yang dibangun oleh Khuat Van Khang lantas dilanjutkan dengan umpan mendatar ke kotak penalti. Muhammad Ferrari yang bermaksud membendung laju bola justru melakukan kesalahan dengan membelokkan bola ke gawang sendiri.

Vietnam yang mengandalkan serangan balik kembali memetik hasil positif. Menit ke-79 Dinh Xuan Thien berhasil menggetarkan gawang Aditya untuk membawa Vietnam berbalik memimpin 2-1.

Indonesia tidak patah semangat. Buktinya, anak asuh Shin Tae-yong berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-82. Bermula dari sepak pojok, Ferrari sukses menebus kesalahannya dengan gol penyama kedudukan.

Gol ini membuat tuan rumah kian bersemangat. Nico Alfrianto yang menjadi pemain pengganti menjadi aktor bagi gol ketiga Indonesia. Tusukannya dari sisi kanan pertahanan Vietnam dilanjutkan dengan umpan mendatar.

Kiper Vietnam gagal mengantisipasi kiriman tersebut. Rabbani Tasnim berhasil memanfaatkan kesalahan kiper Vietnam untuk mencatatkan namanya di papan skor. Skor 3-2 bertahan hingga laga usai.

Kemenangan ini menjadi pencapaian tersendiri lantaran Indonesia menjaga rekor tak terkalahkan di babak kualifikasi. Selain itu, Indonesia pun mendapat satu tiket lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 tahun depan.

Shin Tae-yong memberikan apresiasi pada para pemain Indonesia. Ia memuji mentalitas mereka yang mampu bangkit dari ketertinggalan, menyamakan kedudukan, dan mampu mengunci kemenangan.

“Itu artinya kami sudah lebih kuat meski kami sedang dalam keadaan tertinggal. Kami bisa membalikkan keadaan,” beber Shin Tae-yong.

Juru taktik asal Korea Selatan itu tak lupa mengucap terima kasih kepada para pemainnya yang sudah berjuang maksimal.

“Sekali lagi, saya sangat berterima kasih kepada pemain. Saya benar-benar bangga pada mereka” pungkasnya.

Susunan Pemain Timnas U20 Indonesia versus Vietnam:

Indonesia: 23-Aditya Arya (GK); 14-Robi Darwis, 17-Frengky Missa, 4-Ferarri, 5-Kakang Rudianto; 6-Zanadin Fariz, 8-Arkhan Fikri, 13-Dimas Juliono Pamungkas, 20-Ginanjar Wahyu; 9-Hokky Caraka, 10-Ronaldo Joybera Junior

Pelatih: Shin Ta-yong (Korea Selatan)

Vietnam: 1-Cao Van Binh (GK); 2-Ho Van Cuong, 3-Tran Ngoc Son, 12-Nguyen Bao Long, 20-Nguyen Duc Anh; 10-Khuat Van Khang, 11-Nguyen Than Nhan, 16-Nguyen Duc Phu, 18-Dinh Xuan Tien; 9-Nguyen Quoc Viet, 17-Bui Vi Hao

Pelatih: Dinh The Nam (Vietnam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *