Mateo Retegui Cetak Gol Debut bersama Italia, Begini Evaluasi Mancini

Mateo Retegui sukses menorehkan debut manis bersama tim nasional Italia. Pemain kelahiran Argentina itu mencetak satu-satunya gol Gli Azzurri saat menghadapi Inggris di matchday pertama Grup C Kualifikasi Euro 2024.

Sayangnya, gol semata wayang itu tak mampu menyelamatkan Italia dari kekalahan. Inggris sukses memetik kemenangan 2-1 pada pertandingan yang digelar di Stadio Diego Armando Maradona, Naples, Jumat, 24 Maret 2023 dini hari WIB.

Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini pun angkat bicara terkait penampilan perdana Retegui.

Ia melihat pemain muda itu begitu kesulitan di babak pertama lantaran mendapat pengawalan ketat dari para pemain Inggris yang memiliki fisik kuat.

“Dia mengalami kesulitan di babak pertama, karena para pemain bertahan Inggris memiliki fisik yang kuat dan membatasinya.”

Pemain berusia 23 tahun itu baru bisa mendapat ruang gerak setelah istirahat. Ia bisa memahami pemain tersebut yang masih minim jam terbang dan belum terbiasa dengan sepak bola Eropa.

“Dia bergerak lebih baik setelah jeda, tetapi dia masih muda, dia bermain sepak bola di Argentina, jadi dia butuh waktu,” tutupnya.

Terkait jalannya pertandingan keseluruhan, Mancini mengakui mereka mendapat kesulitan di babak pertama. Gli Azzurri sesungguhnya punya kans di babak kedua. Sayangnya, mereka tak bisa memaksimalkan kesempatan setelah turun minum.

“Kami tahu ini adalah pertandingan yang sulit, namun kami kebobolan dua gol dari dua tendangan sudut. Babak pertama lebih sulit, jelas, kami mendominasi babak kedua dan mencoba untuk mendapatkan setidaknya hasil imbang, yang menurut saya sudah cukup adil.”

Mancini menyebut Inggris adalah tim yang sangat berbahaya dalam situasi bola mati. Dua gol di laga ini adalah bukti timnya gagal mengantisipasi situasi tersebut.

“Inggris berbahaya dalam situasi bola mati, kami membiarkan gol pertama saya pikir karena gangguan, kemudian penalti juga dari sepak pojok. Saya pikir kami pantas mencetak setidaknya satu gol lagi setelah waktu jeda.”

Walau gagal meraih hasil positif, Mancini optimis dengan masa depan timnas Italia. Sebagaimana ditunjukkan di babak kedua, permainan Italia berangsur membaik.

“Kami telah memulai laga dengan baik dengan melakukan pressing tinggi, yang tidak kami lakukan di sisa babak pertama. Saya melihat Italia yang hebat di babak kedua dan itu menjadi pertanda baik untuk masa depan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *