Indonesia Tekuk Burundi 3-1 di FIFA Matchday

Tim nasional Indonesia meraih hasil positif di FIFA Matchday Maret 2023. Menghadapi timnas Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, skuad Garuda sukses memetik kemenangan dengan skor 3-1.

Patut diakui lawan kali ini punya ranking FIFA lebih baik. Indonesia saat ini bercokol di peringkat 151, sementara negara Afrika Tengah itu sepuluh tingkat lebih tinggi.

Namun, armada Shin Tae-yong bisa menunjukkan kualitas tersendiri. Yakob Sayuri, Dendy Sulistyawan dan Rizky Ridho berhasil memberi kekalahan kepada lawan.

Indonesia tampil baik dan mendominasi terutama di babak pertama. Tiga gol itu menjadi bukti.

Tim tamu akhirnya mampu mencuri ketertinggalan melalui gol Pacifique Niyongabire di awal babak kedua. Meski gagal menambah gol, hasil ini pantas diapresiasi.

Kedua negara masih akan bertemu di laga kedua pada Selasa, 28 Februari 2023 malam WIB di tempat yang sama.

Pelatih Shin Tae-yong pun tetap menargetkan kemenangan. Ia bahkan menginstruksikan kepada Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

“Saya tegaskan kepada para pemain jika dapat peluang harus bisa cetak gol sebanyak-banyaknya. Jujur, saya tak pernah melawan Burundi sebelumnya, hanya analisa saja dari video,” tegas Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu meminta para pemain untuk menonjolkan profesionalisme selama berada di lapangan eprtandingan.

“Jadi saya tegaskan ke pemain untuk bisa lebih profesional selama 90 menit di pertandingan, jadi bagaimanapun caranya harus mendapatkan kemenangan.”

Ia mengakui persiapan mereka begitu mepet. Hanya tiga hari mereka berlatih dengan skuad penuh. Namun, para pemain membuktikan mereka mampu memikul tanggung jawab.

“Memang kita hanya 3 hari latihan, tapi saya ingin para pemain memainkan yang kita latihan selama ini dan para pemain melaksanakan dengan baik,” tegasnya.

Susunan pemain Timnas Indonesia versus Timnas Burundi:

Timnas Indonesia (3-4-3): Syahrul Trisna; Elkan Baggott, Jordi Amat, Rizky Ridho; Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Stefano Lilipaly, Dendy Sulistyawan, Yakob Sayuri

Pelatih: Shin Tae-yong

Burundi (4-3-3): Fabien Mutombola; Rashid Harerimana, Collins Muhindo, Marco Weymans, Karim Nizigiyamana; Omar Moussa, Christope Nduwarugira, Styve Nzigamasabo; Bienvenue; Kanakimana, Pacifique Niyongabire, Hussein Shabani.

Pelatih: Etienne Ndayiragije

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *