Leo Rolly/Daniel Marthin Gagal Penuni Harapan, Begini Evaluasi Sang Pelatih

Pasangan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin terhenti di babak perempatfinal ajang bulutangkis Spain Masters 2021. Unggulan kedua itu menyerah dari pasangan dua negara, Adam Hall (Skotlandia)/Frederik Søgaard (Denmark) dengan rubber game ketat 18-21, 21-17, 22-24 di hari Jumat (21/5) siang waktu setempat.

Aryono Miranat, pelatih yang mendampingi mereka memberikan analisa dari kekalahan Leo/Daniel itu.

“Leo/Daniel sebenarnya main sudah bagus. Tetapi lawannya juga bermain baik,” ucap Aryono seperti dilansir dari badmintonindonesia.org.

Lebih lanjut sang pelatih mengatakan pertahanan pasangan berjuluk The Babies itu kurang rapat. Selain itu mereka bermain terburu-buru sehingga tak bisa mengatur permainan dengan tenang.

“Hanya tadi Leo/Daniel lebih banyak kena serang dan pertahanannya kurang rapat. Juga kurang bisa mengatur tempo dan terlalu terburu-buru. Di poin-poin akhir gim ketiga, saat terjadi setting, permainan drive dan netnya tidak siap jadi terus didahului lawan,” lanjutnya.

Aryono dalam partai ini juga menyoroti faktor komunikasi pasangan berperingkat 39 dunia itu.

“Faktor komunikasi mereka harus diperbaiki. Karena komunikasi yang tidak lancar, membuat perputaran dalam permainan juga terganggu,” ungkap Aryono.

“Contoh bila bermain dengan bola lambat seperti di Spain Masters ini, bila Leo di belakang harus bisa rotasi cepat ke depan. Jadi Daniel yang punya power lebih besar bisa ke belakang. Ini yang masih kurang berjalan,” tutur Aryono.

Aryono mengatakan sebagai pasangan muda, Leo/Daniel masih memiliki waktu untuk belajar dan memperbaiki kesalahan.

“Mereka masih muda dan masih harus banyak belajar. Semoga di pertandingan berikutnya mereka bisa lebih baik,” ujar Aryono.

Sementara itu, Indonesia mengirim wakil terbanyak di babak semifinal Spain Masters 2021 dengan tujuh wakil. Mereka adalah Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoyo (tunggal putra), Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani (ganda putra), Yulfira Barkah/Febby Valencia Dwijayanti Gani (ganda putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

Kemenangan juga diraih Putri Kusuma Wardani di sektor tunggal putri. Putri menang mudah atas wakil Perancis, Léonice Huet, 21-8, 21-14.

“Hari ini lawannya memang tidak terlalu berat seperti babak-babak sebelumnya. Tapi saya agak tegang tadi sebelum tanding sampai awal-awal, mungkin karena ini semifinal,” sahut Putri.

Putri akan mendapat ujian sesungguhnya di laga final hari Minggu (23/5). Dia menantang wakil Denmark, Line Christophersen.

“Persiapan saya seperti biasa saja. Mental, pikiran dijaga dan tetap bertekad menampilkan yang terbaik. Mau main bagus, menang atau kalah itu urusan nanti,” ungkap Putri.

Babak semifinal akan digelar di Palacio de Deportes Carolina Marín, Kota Huelva, Sabtu (22/5) mulai pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *