Kalah dari Fiorentina Gara-gara Milan Kepikiran Spurs?

Demikian pertanyaan yang mengemuka menyusul hasil minor yang dialami AC Milan di pekan ke-25 Serie A Italia 2022/2023.

Menghadapi tuan rumah Fiorentina di Artemio Franchi pada Minggu, 5 Maret 2023 dini hari WIB, Rossoneri takluk dengan skor 2-1.

Ada spekulasi kekalahan itu lantaran Milan sedang memikirkan laga krusial di babak 16 besar Liga Champions Eropa pada tengah pekan ini.

Fiorentina membuka keunggulan di babak kedua melalui sepakan penalti Nico Gonzalez dan sundulan Luka Jovic. Sementara itu, gol semata wayang Milan dicetak oleh Theo Hernandez.

Kekalahan ini jelas merugikan Milan yang tengah berupaya ke kembali ke jalur positif. Milan tertahan di posisi keempat dengan 47 poin. Sedangkan Fiorentina menempati urutan ke-12 dengan tabungan 31 angka.

Jelas hasil negatif ini menjadi modal buruk Milan menghadapi Spurs pada Kamis, 9 Maret 2023 dini hari WIB nanti. Milan memetik kemenangan 1-0 di leg pertama dan hanya butuh hasil seri untuk lolos.

Pelatih Milan, Stefano Pioli tegas menolak anggapan tersebut. Ia mengakui lawannya memang bermain bagus.

“Tidak, tidak, tidak, sama sekali tidak soal itu. Fiorentina memang bermain lebih baik daripada kami, tapi bukan karena kami tadi memikirkan pertandingan melawan Tottenham.”

Pelatih asal Italia itu menegaskan pihaknya tidak memikirkan laga kontra Spurs. Mereka memang harus berbenah untuk menjadi lebih baik.

“Kami tidak pernah memikirkan pertandingan melawan Tottenham. Kami harus melakukan banyak hal dengan lebih baik. Tadi itu adalah sebuah kekalahan yang tidak kami inginkan.”

Pioli mengakui Fiorentina tampil lebih baik terutama di babak pertama. Sebaliknya, mereka mampu bangkit setelah jeda namun tidak cukup efektif memanfaatkan setiap peluang.

“Kami sudah mempersiapkan pertandingan seolah-olah itu adalah pertandingan yang sangat penting. Fiorentina memang lebih baik daripada kami di babak pertama dalam kaitannya dengan kualitas dan energi. Kami bermain lebih baik di babak kedua, tapi kami tidak bermain bagus di babak pertama dan kami dihukum,” tutupnya.

Susunan Pemain AC Milan versus Fiorentina:

AC Milan (3-5-2-1): Mike Maignan; Pierre Kalulu, Malick Thiaw, Fikayo Tomori; Junior Messias (74′ Saelemaekers), Sandro Tonali, Ismael Bennacer (66′ Bakayoko), Theo Hernandez; Charles De Ketelaere (83′ Adli), Ante Rebic (66′ Origi); Olivier Giroud (66′ Ibrahimovic).

Pelatih: Stefano Pioli

Fiorentina (4-3-3): Pietro Terracciano; Cristiano Biraghi (74′ Ranieri), Igor, Lucas Martinez Quarta, Dodo; Rolando Mandragora, Sofyan Amrabat, Giacomo Bonaventura (81′ Castrovilli); Nicolas Gonzalez, Arthur Cabral (81′ Jovic), Jonathan Ikone.

Pelatih: Vincenzo Vincenzo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *