Manchester United Dihajar Liverpool 0-7, Erik Ten Hag: Penampilan Terburuk Tahun Ini

Manchester United tengah bersedih. Sebab, Setan Merah harus menelan pil pahit di pekan ke-26 Liga Premier Inggris 2022/2023.

Bertandang ke Stadion Anfield pada Minggu, 5 Maret 2023, Setan Merah dipermalukan tuan rumah Liverpool tujuh gol tanpa balas.

Ini menjadi pukulan telak bagi Setan Merah yang tengah berada di jalur positif dan beberapa waktu sebelumnya sukses meraih gelar Piala Liga Inggris atau Carabao Cup 2022/2023.

Pelatih United, Erik Ten Hag tak habis pikir timnya bisa menelan kekalahan sedemikian memalukan.

Ia menyebut penampilan timnya di laga itu merupakan yang terburuk tahun ini. Enam gol di babak kedua atau dalam waktu 45 menit sungguh memilukan.

“Itu adalah penampilan yang sangat buruk dan yang terburuk tahun ini. Kami kalah di akhir babak pertama dan di awal babak kedua, tetapi Anda harus tetap menegakkan kepala dan kami tidak melakukannya,” beber Ten Hag.

Pelatih asal Belanda itu menyebut faktor kedisplinan menjadi masalah. Tanpa sikap tersebut tidak heran bila mereka harus kebobolan tujuh kali tanpa balas.

“Ini semua tentang menunjukkan kedisiplinan dan kami tidak melakukannya, jadi saat itulah Anda mulai kebobolan.”

Ia menyerang para pemainnya yang dianggap tidak tampil profesional.

“Ini benar-benar penampilan yang tidak profesional dan tidak perlu. Anda harus melakukan pekerjaan Anda dan kami tidak melakukannya.”

Para pemain tidak menjalankan rencana di lapangan pertandingan. Strategi yang telah disusun tidak berjalan sama sekali.

“Pada awal babak kedua kami memberikan dua gol tandang. Tidak ada tim lagi. Kami tidak mengikuti rencana. Ada 11 orang.”

Ia sudah mengungkapkan kekecewaannya kepada para pemain. Menyebut di hadapan para pemain itu tentang sikap tidak profesional yang telah ditunjukkan.

“Entahlah, ini sangat buruk. Saya telah memberikan pendapat saya [kepada para pemain]. Itu tidak profesional. Anda harus selalu bersatu sebagai sebuah tim. Kami tidak melakukan itu.”

Ia pun merasa malu kepada para penggemar. Sulit membayangkan perasaan para fan United ketika timnya dipermalukan di kandang lawan, salah satu seteru mereka di pentas domestik.

“Itu sulit dan kami benar-benar harus berterima kasih kepada mereka. Saya tidak bisa menyalahkan mereka karena melakukan perjalanan tandang. Ini adalah penampilan yang sangat buruk, saya sendiri malu untuk para penggemar hari ini,” pungkasnya.

Tiga pemain tuan rumah mencetak brace alias sepasang gol yakni Mohamed Salah, Cody Gakpo, dan Darwin Nunez. Satu gol lainnya dicetak oleh Roberto Firmino.

Kemenangan telak ini membuat Liverpool berhak atas tiga poin. Liverpool naik ke posisi kelima dengan 42 poin dari 25 pertandingan, hanya berjarak tiga poin di belakang Tottenham Hotspur yang memiliki satu pertandingan lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *