Indonesia Resmi Protes ke AFC Terkait Gol Kedua Irak

Tim nasional Indonesia resmi mengajukan protes ke Federasi Sepakbola Asia (AFC) terkait gol kedua Irak dalam pertemuan kedua tim di laga pertama penyisihan Grup A Piala Asia 2023 yang berlangsung di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan, Senin, 15 Januari 2024 malam WIB.

Di laga itu, Indonesia takluk dengan skor 1-3. Gol kedua Irak sempat menuai kontroversi, namun wasit di pertandingan itu tetap mensahkannya usai melihat VAR.

Dari rekaman pertandingan, Osama Rashid yang merupakan sang pencetak gol di menit ke-45+7 terlihat berada dalam posisi offside.

Melalui manajer timnas Indonesia, Endri Erawan, protes pun dilayangkan. Endri Erawan mengaku kecewa dengan keputusan kontroversial tersebut. Pihaknya sudah mengajukan surat protes dan diserahkan langsung seusai pertandingan ke pihak komesioner pertandingan.

“Tentu kami kecewa. Setelah pertandingan kami resmi protes keras kepada AFC terkait disahkannya gol kedua Irak. Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan,” tandas Endri melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, ia menyadari protes tersebut tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun, yang terpenting menjadi perhatian para wasit di laga-laga selanjutnya selama perhelatan Piala Asia 2023.

“Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit/perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan,” lanjutnya.

Kekecewaan serupa dirasakan pemain sekaligus pencetak gol tunggal Indonesia di lag aitu, Marselino Ferdinan.

Ia menegaskan para pemain sudah berjuang maksimal. Sayangnya, ada keputusan kontroversial yang diambil sang pengadil pertandingan.

“Kami tidak beruntung di laga perdana ini. Seluruh pemain telah berjuang keras dan maksimal. Namun ada beberapa kontroversi dari wasit yang seharusnya tidak gol tapi jadi gol,” tegasnya.

Indonesia masih memiliki dua kesempatan untuk mencuri kemenangan. Masing-masing menghadapi Vietnam di pertandingan kedua pada Jumat, 19 Januari 2024. Selanjutnya bersua tim kuat Jepang pada pertandingan terakhir penyisihan grup yang dijadwalkan pada Rabu, 24 Januari 2024.

Indonesia wajib mendulang poin bila ingin memenuhi target lolos ke babak 16 besar. Apakah target tinggi itu bakal berpelukan dengan hasil di lapangan pertandingan?

Semoga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *