Hantam Swansea City, Man City ke Perempat Final Piala FA

Hasil positif diraih Manchester City di putaran kelima Piala FA. Menghadapi Swansea City di Liberty Stadium, Kamis, 11 Februari 2021 dini hari WIB, The Citizen menang dengan skor 3-1.

Tiga gol Manchester Biru dicetak oleh Kyle Walker di babak pertama dan Raheem Sterling serta Gabriel Jesus di paruh kedua. Sementara itu gol tunggal tuan rumah dilesatkan oleh pemain pengganti Morgan Whittaker di menit ke-67.

City memang mampu menguasai jalannya pertandingan. Namun tidak mudah bagi Armada Pep Guardiola untuk mencetak gol. City baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-30.

Pelatih City mengakui bahwa Phil Foden sedang menjadi sorotan berkat penampilannya yang gemilang dalam beberapa laga terakhir. Ia menilai bahwa pemain muda tersebut harus tetap tenang dan rendah hati.

“Situasinya akan berbeda buat dia. Dia harus tetap kalem dan paham bahwa periode berat akan datang. Tergantung dia sendiri apakah dia rendah hati dengan ini semua,” beber Guardiola.

“Ekspektasi di usianya, kita akan lihat apakah dia bisa mengatasinya. Sekarang orang-orang akan memperkirakan dia melakukan hal-hal luar biasa tiap pertandingan. Ini adalah hal tersulitnya.”

Foden tampil baik saat timnya mengalahkan juara Liga Inggris musim lalu, Liverpool. Kemenangan ini semakin membuat tim tersebut nyaman di puncak klasemen dan berpeluang menjadi juara di akhir musim.

“Para pemain terhebat tidak memainkan satu laga bagus saja di Anfield. Mereka bertahan seperti itu secara konsisten lima tahun beruntun, tidak banyak cedera, dan bermain, bermain, bermain. Ini target berikutnya buat Phil.”

Guardiola sendiri tidak ingin terlalu cepat memuji Foden. Dibanding para pemain City lainnya, usianya jauh lebih muda.

“Kita tak boleh lupa bahwa dia dulu bersaing di usia yang sangat muda dengan David Silva, Kevin de Bruyne, Sergio (Aguero), Gabriel (Jesus), Raheem (Sterling), Leroy (Sane). Terkadang dia bermain ketika dia tidak pantas untuk bermain.”

Susunan Pemain Swansea City versus Manchester City:

Swansea City (3-4-3): Freddy Woodman; Ben Cabango, Joel Latibeaudiere, Marc Guehi (Jake Bidwell 66′); Connor Roberts (Kieron Freeman 66′), Jay Fulton, Ryan Manning; Jamal Lowe (Paul Arriola 65′), Yan Dhanda (Conor Hourihane 77′), Jordan Morris (Morgan Whittaker 66′).

Pelatih: Steve Cooper

Manchester City (4-3-3): Zack Steffen; Kyle Walker, Eric Garcia, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy; Ilkay Gundogan (Tommy Doyle 57′), Rodri (Claudio Gomes 72′), Bernardo Silva (Phil Foden 66′); Ferran Torres, Gabriel Jesus, Raheem Sterling (Riyad Mahrez 56′).

Pelatih: Pep Guardiola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *