Gol Tunggal Asnawi Mangkualam ke Gawang Vietnam Jaga Asa Indonesia di Piala Asia 2023

Tim nasional Indonesia sukses memetik kemenangan penting di matchday kedua babak penyisihan Grup D Piala Asia 2023.

Skuad Garuda mampu membungkam timnas Vietnam 1-0 pada pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Jumat, 19 Januari 2024 malam WIB.

Gol tunggal kemenangan Indonesia dicetak oleh Asnawi Mangkualam Bahar pada menit ke-42.

Gol itu tercipta dari titik penalti, berawal dari pelanggaran pemain Vietnam, Nguyen Thanh Binh terhadap Rafael Struick di kotak terlarang.

Secara keseluruhan Vietnam memang mendominasi pertandingan. Namun, Indonesia bisa bermain lebih efekti.

Vietnam sempat harus bermain dengan 10 pemain setelah Le Pham Thanh Long mendapat kartu merah di menit ke-90+1.

Kemenangan tipis ini lebih dari cukup menjaga asa Indonesia di pentas akbar Asia ini. Hanya saja, perjuangan Indonesia tidak akan mudah untuk lolos ke babak 16 besar. Indonesia harus meraih poin saat menghadapi tim kuat yakni Jepang di laga terakhir penyisihan grup.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan apresiasi kepada kedua tim yang sudah menampilkan permainan terbaik.

“Kedua tim berusaha yang terbaik dan ini pertandingan bagus. Kami menang berkat sedikit keberuntungan,” kata Shin Tae-yong melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu memberikan apresiasi kepada banyak pihak yang sudah memberikan dukungan, salah satunya adalah para supporter yang begitu luar biasa.

“Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar. Mereka membantu tim Indonesia tampil sangat baik,” sambungnya.

Berkat kemenangan ini Indonesia menempati posisi ketiga dengan tiga poin, di belakang Irak dan Jepang. Shin Tae-yong tetap optimis timnya masih punya peluang ke babak berikutnya.

“Kami adalah tim muda, jadi agak kurang berpengalaman. Itulah mengapa penampilan di dua babak berbeda. Meski kami kurang pengalaman, tetapi bermain dengan tekad ingin menang. Para pemain dengan segala cara mempertahankan skor,” bebernya.

Ia juga membuji Asnawi Mangkualam yang sukses mengeksekusi penalti. Ia menyebut hal tersebut tidak lepas dari kepercayaan diri yang dimiliki pemain yang kini berkarier di Korea Selatan itu.

“Saya pikir Asnawi lebih percaya diri, meski belum mencetak gol sebelum pertandingan. Ia merasa baik dan sangat menguasai bola. Beruntung Asnawi menendang penalti dengan benar. Mampu membawa kemenangan buat kami,” tutupnya.

Susunan pemain timnas Indonesia versus Vietnam:

 Timnas Indonesia: 21-Ernando Ari Sutaryadi (PG); 6-Sandy Walsh, 4-Jordi Amat (5-Rizky Ridho 70’), 25-Justin Hubner; 14-Asnawi Mangkualam (8-Witan Sulaeman 56’), 24-Ivar Jenner, 7-Marselino Ferdinan, 12-Pratama Arhan; 2-Yakob Sayuri, 11-Rafael Struick (16-Hokky Caraka 68’), 10-Egy Maulana Vikri (17-Adam Alis 67’).

Pelatih: Shin Tae-yong.

Timnas Vietnam: 1-Nguyen Filip (PG); 3-Vo Minh Trong, 6-Nguyen Thanh Binh, 7-Pham Xuan Manh (17-Van Thanh 89′),  10-Pham Tuan Hai (22-Khuay Van 46’), 11-Nguyen Tuan Anh, 12-Phan Tuan Tai, 16-Nguyen Thai Son (25-Le Pham 46’), 19-Nguyen Quang Hai (9-Nguyen Van Toan 72’), 20-Bui Hoaang Viet, 24-Nguyen Van Tung (14-Nguyen Van Truong 79’).

Pelatih: Philippe Troussier.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *