Gol Telat David Da Silva Menangkan Persebaya Atas Persipura di Liga 1

Persebaya Surabaya sukses memetik poin penuh di pekan ke-28 Liga 1 2019 saat menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Aji Imbut, Tenggarong pada Minggu, 24 November 2019 malam WIB. Persebaya yang berstatus tim tamu unggul satu gol tanpa balas.

Gol tunggal kemenangan Persebaya dicetak oleh David Da Silva di penghujung laga, tepatnya di menit ke-90+2. Tambahan tiga poin ini membuat Persebaya mengemas total 38 poin dari 28 laga dan naik tiga tingkat ke posisi kesembilan.

Sementara itu Persipura gagal memperbaiki posisi. Skuad Mutiara Hitam terpaku di urutan ketiga dengan raihan total 44 poin dari 28 laga yang telah dijalani. Persipura tertinggal satu poin dari Borneo FC dan hanya unggul selisih gol dari Madura United di tempat keempat.

Sebagai tuan rumah Persipura mampu menguasai pertandingan. Beberapa peluang emas dimiliki tim asal Papua tersebut. Namun tak satu pun yang berhasil dikonversi menjadi gol.

Sebaliknya Persebaya mampu mencuri kesempatan untuk mencetak gol. Kesempatan besar itu terjadi di penghujung laga. Sepakan keras David Da Silva berhasil mengoyak gawang Persipura yang dijaga Dede Sulaiman.

Kekalahan ini sungguh disesali Persipura. Sebagaimana disampaikan sang pelatih, Jecksen F Thiago, timnya tampil tidak sesuai harapan.

“Saya akui anak-anak bermain diluar kebiasaan mereka, banyak sekali salah umpan, salah passing, dan lain lain, namun saya apresiasi kerja keras mereka,” beber Jecksen.

“Pada dasarnya semua sudah bisa kami antisipasi, Persebaya yang bermain dengan skema long ball sudah biasa kita patahkan selama 90 menit waktu normal. Namun kesalahan di menit akhir membuat kami harus menelan kekalahan,” sambungnya.

Hal berbeda keluar dari mulut pelatih Persebaya, Aji Santoso. Ia bersyukur dengan hasil tersebut. Menurut mantan pemain timnas Indonesia, hasil ini tidak lepas dari permainan ngotot yang diperagakan timnya.

“Syukur Alhamdulillah anak-anak bermain baik dan ngotot, sehingga bisa menghasilkan tiga poin pada pertandingan malam hari ini, apalagi Persipura bukan tim lemah,” tandas Aji.

Susunan pemain Persipura versus Persebaya Surabaya:

Persipura (4-3-3): 27-Dede Sulaiman, 3-Andre Ribeiro, 4-Ricardo Salampessy, 44-Yohanis Tjoe, 21-Yustinus Pae; 13-Ian Kabes, 11-Imanuel Wanggai (12-Patrick Alfredo Womsiwor 75′), O8-h In-Kyun; 19-Mamadou Samassa (7-Ronaldo Wanma 46′), 86- Boaz Solossa, 25- Titus Bonai (46-Todd Rivaldo Ferre 62′)

Pelatih: Jaksen F. Tiago

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra; 14-Ruben Sanadi, 29-Muhammad Syaifuddin, 23-Hansamu Yama Pranata, 17-Elisa Basna Yahya (8-Oktafianus Fernando 70′); 27-Fandi Eko Utomo (12-Rendi Irwan 57′), 88-Muhammad Alwi Slamat, 6-Misbakhus Solikin; 22-Abu Rizal Maulana 90-Diogo Campos, 7-David Silva

Pelatih: Aji Santoso

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *