Erling Haaland Brace, Manchester City Raih Poin Penuh di Kandang Leeds

Manchester City berhasil memetik poin penuh di pekan ke-17 Liga Premier Inggris. Bertandang ke Elland Road pada Kamis, 29 Desember 2022 dini hari WIB, The Citizen membungkam tuan rumah Leeds United dengan skor 3-1.

Dua dari tiga gol tim tamu dicetak Erling Haaland. Satu gol lainnya dicetak Rodri. Sementara itu, gol tunggal tuan rumah dicetak oleh Pascal Struijk.

City membuka keunggulan di penghujung babak pertama. Berawal dari tendangan Riyad Mahrez yang ditepis kiper tuan rumah, bola kemudian disambut Rodri.

Haaland mulai menunjukkan tajinya di babak kedua. Mula-mula di menit ke-50, pemain muda Norwegia itu memaksimalkan blunder Liam Cooper yang dimanfaatkan Jack Grealish. Alih-alih menuntaskan peluang, Grealish memberi umpan kepada Haaland.

Haaland menambah gol di menit ke-64. Lagi-lagi Grealish memberikan asis. Ini merupakan gol ke -20 Grealish di pentas Liga Premier Inggris musim ini.

Tuan rumah mencetak gol hiburan di menit ke-73 melalui Struijk. Gol ini menjadi penutup di laga ini.

Saat ini Manchester City masih terus mengejar Arsenal di puncak klasemen. Haaland pun memperingatkan The Gunners agar jangan sampai terpeleset.

“Kami melihat Arsenal sekarang ada di puncak dan kami harus memburu mereka,” tegas Haaland.

Lebih lanjut, mantan pemain Borussia Dortmund itu bertekad untuk mencetak lebih banyak gol.

“Buat saya, sebagai seorang striker, saya harus mencetak lebih banyak gol. Saya bisa saja mencetak beberapa gol lagi, tapi begitulah hidup dan saya harus lebih banyak berlatih,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih City, Pep Guardiola mengatakan Haaland sesungguhnya belum menunjukkan performa terbaik.

“Saya pikir dia masih belum dalam kondisi terbaiknya karena cedera, untuk menggerakkan tubuhnya yang besar tidak mudah baginya tetapi sebanyak dia bisa bermain, menit bermain akan lebih baik,” beber Guardiola.

“Saya merasa dia tidak dalam kondisi terbaiknya. Ini masalah waktu. [Dia] selalu menjadi ancaman luar biasa bagi lawan. Angka-angkanya tidak dapat dipercaya tetapi saya merasa dia tidak hanya datang ke sini untuk mencari angka, dia ingin memenangkannya. Masih ada 70 poin untuk dimainkan,” pungkas mantan juru taktik Barcelona itu.

Susunan pemain Leeds United versus Manchester City:

Leeds United: Illan Meslier; Rasmus Kristensen (Luke Ayling 65′), Robin Koch, Liam Cooper (Diego Llorente 72′), Pascal Struijk; Sam Greenwood, Adam Forshaw (Mateusz Klich 66′), Marc Roca; Wilfried Gnonto, Rodrigo (Joe Gelhardt 72′), Brenden Aaronson.

Manchester City: Ederson; Rico Lewis (Joao Cancelo 68′), John Stones, Manuel Akanji, Nathan Ake; Kevin De Bruyne, Rodri, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Erling Haaland, Jack Grealish (Phil Foden 73′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *