Ukir “Comeback”, Arsenal Tekuk West Ham di Pekan ke-17 Liga Premier Inggris

Arsenal sukses memetik hasil sempurna di pekan ke-17 Liga Premier Inggris. Bermain di kandang sendiri di Stadion Emirates pada Selasa, 27 Desember 2022 dini hari WIB, The Gunners menang dengan skor 3-1.

Tidak mudah bagi tuan rumah mendapat poin penuh di laga Boxing Day. Sebab, mereka sempat tertinggal dari tim tamu sebelum mengukir “comeback”.

Tim tamu lebih dahulu memimpin melalui Said Benrahma sebelum tuan rumah mengejar dan membalikkan keadaan melalui gol-gol dari Bukayo Saka, Gabriel Martinelli, dan Eddie Nkietiah.

Kemenangan ini membuat posisi Arsenal tetap kokoh di puncak klasemen sementara. Skuad Meriam London kini mengemas 40 poin dari 15 pertandingan. Sementara itu West Ham masih terpuruk di papan bawah, tepatnya di posisi ke-16 dengan koleksi 14 angka dari 16 pertandingan yang sudah dijalani.

West Ham sempat mengejutkan tuan rumah ketika laga memasuki menit ke-26. Berawal dari pelanggaran William Saliba kepada Jarod Bowen di kotak terlarang, wasit kemudian menunjuk titik putih. Said Benrahma yang menjadi eksekutor tak membuang kesempatan untuk mencetak gol.

Rupanya gol ini melecut semangat tuan rumah. Arsenal langsung “panas” ketika turun minum. Menit ke-53, Bukayo Saka menyamakan kedudukan.

Kiper West Ham, Fabianski kembali memungut bola dari dalam gawangnya, lima menit berselang. Gabriel Martinelli menuntaskan umpan Granit Xhaka untuk membawa Arsenal memimpin.

Arsenal menambah gol di menit ke-69. Umpan ciamik Martin Odegaard berhasil dimaksimalkan Eddie Nketiah dari dalam kotak penalti.

“Saya senang dengan hasil yang kami raih dan juga performa yang kami tampilkan, sebab saya pikir kami pantas memenangkan laga ini,” beber Mikel Arteta.

Pelatih Arsenal itu mengakui mereka kebobolan karena buruknya pertahanan. Ia senang karena timnya tidak panik dan tetap tenang hingga mampu membalikkan keadaan.

“(Kami kebobolan) karena satu aksi dari lawan, kami tidak bertahan dengan baik terhadap direct play mereka, dan wasit pun mengambil keputusan. Kami menunjukkan ketenangan dan tak panik, serta melakukan apa yang diperlukan untuk menang.”

Pelatih asal Spanyol itu memberikan apresiasi kepada para suporter yang terus memberi semangat dan menyuntikkan kepercayaan diri kepada para pemain Arsenal.

Susunan Pemain Arsenal versus West Ham United:

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Martin Odegaard, Thomas Partey, Granit Xhaka; Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli.

Pelatih: Mikel Arteta

West Ham: Lukasz Fabianski; Vladimir Coufal, Thilo Kehrer, Craig Dawson, Aaron Cresswell; Tomas Soucek, Declan Rice; Jarrod Bowen, Lucas Paqueta, Said Benrahma; Michail Antonio.

Pelatih: David Moyes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *