Pele, Pemenang Piala Dunia Tiga Kali Bersama Brasil Tutup Usia

Kabar duka bagi dunia sepak bola. Salah satu pemain terbaik dalam sejarah, Pele, tutup usia. Pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Albert Einstein Sao Paulo, Brasil pada usia 82 tahun, Jumat, 30 Desember 2022 dini hari WIB.

Pele menjadi satu-satunya pemain yang mampu memenangi Piala Dunia sebanyak tiga kali. Ia melakukannya bersama Brasil pada 1958, 1962, dan 1970.

Sepanjang 21 tahun karier profesional ia mampu membukukan lebih dari seribu gol dalam lebih dari seribu penampilan di berbagai level kompetisi.

Pele menjadi satu dari sedikit pemain bintang yang tidak merasakan gemerlang sepak bola Eropa. Ia menghabiskan kariernya di Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Kepergian Pele yang dinobatkan FIFA sebagai Pemain Terbaik Abad Ini pada 2000 lalu bersama Diego Armando Maradona, jelas meninggalkan kesedihan. Para pemain top dunia mengirimkan ucapan bela sungkawa. Salah satunya adalah Kylian Mbappe.

“Raja sepak bola telah meninggalkan kita, tetapi warisannya tidak akan pernah terlupakan. RIP KING,” kicau pemain Paris Saint-Germain (PSG) dan Timnas Prancis itu di akun Twitternya.

Klub yang membesarkan dan dibesarkan Pele, Santos FC pun membeberkan detail proses pemakaman sang legenda. Jenazah Pele akan disemayamkan di Stadion Urbano Caldeira atau Vila Belmiro pada Senin.

“Upacara persemayaman Pele terbuka untuk umum dan jenazahnya akan ditempatkan dalam peti yang terletak di garis tengah lapangan stadion. Selanjutnya, peti mati itu kemudian akan dibawa melalui jalan-jalan Santos sebelum dibawa ke pemakaman Ekumenik Memorial Necropole untuk layanan pemakaman pribadi,” beber pihak Santos.

Pemerintah Brasil pun mengumumkan tiga hari berkabung untuk menghormati sosok yang meninggal setelah berjuang melawan kanker usus. Pria yang dikenal dengan “jogo bonito” atau sepak bola indah itu.

Selamat jalan Mutiara Hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *