Daftar Wakil Indonesia di Kejuaraan Asia Beregu 2024, Andalkan Pemain Muda

Tim bulutangkis Indonesia telah memilih nama-nama pemain yang dipercaya tampil pada turnamen bulutangkis Kejuaraan Asia Beregu 2024. Ajang ini bakal berlangsung di Setia City Convention Centre, Selangor, Malaysia pada 13-18 Februari.

Di tim putra, Indonesia memilih Chico Aura Dwi Wardoyo, Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcellyno dan Alvi Wijaya Chairullah untuk mengisi sektor tunggal. Sedangkan di sektor ganda, diwakili trio Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Rahmat Hidayat/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Sementara di tim putri akan diisi Putri Kusuma Wardani, Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi dan Stephanie Widjaja di sektor tunggal. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi, Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari di sektor ganda.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, membeberkan alasan dibalik pemilihan pemain-pemain tersebut.

“Kami memang tidak menurunkan skuad terbaik di ajang ini karena pemain-pemain utama kami fokuskan untuk persiapan menuju tur Eropa bulan Maret nanti. Tapi kami yakin tim ini juga bisa berbicara banyak mengingat sebagian besar mereka sudah pernah turun di ajang yang sama dua tahun lalu,” ungkap Rionny melansir situs resmi PBSI.

“Sebut saja di tim putra Chico, Bagas/Fikri, Leo/Daniel dan Yeremia membawa tim putra melaju ke babak final dua tahun lalu, di tim putri lebih luar biasa lagi setelah sukses menjadi juara dengan Putri, Stephanie, Ana/Tiwi dan Lanny ada di dalamnya. Selain itu, Alwi, Ester, Komang serta Rachel/Trias dan Ribka pernah mengisi skuad SEA Games Indonesia. Jadi memang sebagian besar sudah pernah mewakili Indonesia di ajang beregu,” jelas Rionny.

Menyinggung hasil undian dimana tim putra Indonesia berada di grup D bersama Korea, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi serta tim putri di grup B bersama Hong Kong dan Kazakhstan, Rionny berpesan untuk selalu waspada. Apalagi turnamen ini merupakan bagian dari kualifikasi ke babak utama Piala Thomas-Uber bulan Mei mendatang.

“Di tim putra, tentunya Korea harus diwaspadai apalagi di pertemuan terakhir di Asian Games kita kalah. Bila ingin juara grup pastinya kita harus bisa menang dari mereka. Di tim putri, peluang juara grup lebih terbuka asal kita tidak menganggap remeh lawan,” kata Rionny.

Berikut hasil undian Kejuaraan Beregu Asia 2024:
Tim Putra:
Grup A: China, India, Hong Kong
Grup B: Malaysia, Chinese Taipei, Kazakhstan, Brunei
Grup C: Japan, Thailand, Singapore, Myanmar
Grup D: Indonesia, Korea, Uni Emirat Arab, Arab Saudi

Tim Putri:
Grup W: China, India
Grup X: Indonesia, Hong Kong, Kazakhstan
Grup Y: Thailand, Malaysia, Uni Emirat Arab
Grup Z: Japan, Chinese Taipei, Singapore

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *