Masa Depan Shin Tae-yong Usai Indonesia Terhenti di 16 Besar Piala Asia 2023, Erick Thohir: Saya Profesional

Tim nasional Indonesia mencatatkan hasil tersendiri di pentas Piala Asia 2023. Skuad Garuda berhasil melangkah hingga babak 16 besar sebelum disingkirkan Australia.

Masa depan sang pelatih, Shin Tae-yong pun menuai tanda tanya. Berbagai spekulasi pun menyeruak.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pun angkat bicara. Erick menegaskan dirinya akan bersikap profesional.

Ia akan mengevaluasi kinerja pelatih asal Korea Selatan itu berdasarkan target yang diberikan. Erick menyebut pihaknya memberikan target kepada Shin Tae-yong untuk mengantar skuad Garuda tembus babak 16 besar Piala Asia 2023 dan di turnamen Piala Asia U-23, Langkah Garuda Muda setidaknya harus sampai babak delapan besar atau perempat final.

Turnamen Piala Asia U-23 akan berlangsung di Qatar pada April 2024, tepatnya sejak 15 April hingga 3 Mei 2024.

“Saya kan orang profesional, jadi saya pegang prinsip itu. Kesepakatan saya dan STY yang kontraknya habis hingga Juni, ada dua parameter, yakni timnas senior lolos 16 besar Piala Asia yang kemarin dan 8 besar Piala Asia U-23. Kita punya komitmen itu, baru kemudian bicara perpanjangan untuk 2027,” tandas Erick Thohir melansir situs resmi PSSI.

Lebih lanjut, sosok yang juga menjabat Menteri BUMN itu menyebut sejauh ini dirinya cukup puas dengan kinerja Shin Tae-yong. Mengingat STY sudah menangani timnas Indonesia sejak 2019 maka ia menaruh harapan lebih pada prestasi Timnas U-23 di kancah Asia nanti.

“Oleh karenanya di Piala Asia U-23, Indonesia harus bisa berbicara banyak. Apalagi banyak pemain U-23 kita masuk dalam skuad timnas senior kemarin dan beberapa pemain sering jadi starting eleven. Itu modal yang sangat besar bagi STY untuk membuat kejutan,” sambungnya.

Indonesia sesungguhnya berpeluang banyak berbicara banyak di Piala Asia U-23 nanti. Sebab, mayoritas skuad timnas senior di Piala Asia 2023 adalah para pemain U-23. Sebanyak 11 pemain yang mengisi 26 line up timnas senior akan juga menjadi bagian dari skuad timnas U-23.

Beberapa dari antaranya adalah Ernando Ari, Justin Hubner, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, dan Witan Sulaeman, dan Rafael Struick.

Erick sendiri yakin dengan masa depan timnas U-23 berkaca dari performa para pemain muda di Piala Asia 2023.

“Berkaca dari Piala Asia kemarin, kita kekurangan goal getter. Lihat bagaimana Australia kemarin. Jarang menyerang, tapi selalu efektif mencetak gol. Harus seperti itu. Tugas STY untuk segera benahi sektor itu agar target tercapai.”

Timnas U-23 Indonesia tergabung di Grup A Piala Asia U-23 bersama tuan rumah Qatar, Jordania, dan Australia.

Jelas, Shin Tae-yong memiliki tugas berat untuk memenuhi target minimal dari PSSI agar posisinya aman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *