Pep Guardiola anggap Manchester City Tidak pantas mendapat tekanan

Tekuk Sheffield United, Manchester City Merangsek ke Posisi Ketiga Premier League 2023/2024

Manchester City meraih hasil maksimal di matchday ke-20 Premier League 2023/2024. Bertindak sebagai tuan rumah, The Citizen sukses mengalahkan tamunya Sheffield United di Stadion Etihad pada Sabtu, 30 Desember 2023 dengan skor 2-0.

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Rodri di menit ke-14 dan Julian Alvarez di menit ke-61.

Berkat kemenangan ini Manchester Biru merangsek ke posisi ketiga dengan 40 poin dari 19 pertandingan, berjarak dua angka di belakang Aston Villa dan lima poin dari Liverpool di puncak klasemen.

City masih bisa memperpendek jarak dengan dua tim tersebut bila mampu memaksimalkan pertandingan ke-20.

Sementara itu, Sheffield United tak beranjak dari dasar klasemen. Tim promosi itu baru mengemas Sembilan poin dari 20 pertandingan, tertinggal tujuh poin dari zona aman.

City yang bermain di hadapan pendukung sendiri begitu mendominasi pertandingan. Penguasaan bola lebih dari 80 persen. Namun, tidak mudah bagi armada Pep Guardiola itu untuk mencetak gol.

Dari berbagai upaya dan kesempatan, City hanya mampu mencetak sepasang gol ke tim paling lemah di Premier League musim ini.

Guardiola mengakui kemenangan ini sekaligus menjadi titik balik dari penampilan kandang belakangan yang tidak memuaskan.

“Kami tidak nyaman dalam tiga pertandingan kandang terakhir,” tegas Guardiola.

Pelatih asal Spanyol itu menyoroti sikap yang ditunjukkan para pemain seperti kehilangan semangat atau gairah.

“Bagian pertama sunyi. Bahasa tubuh para pemain tidak berkomunikasi, bicara, tertawa, atau berteriak. Seperti cuma ‘oke kita harus main’.”

Ia mengatakan dalam sepak bola para pemain harus bisa menikmati setiap pertandingan. Dalam pertandingan ini ia hanya menyoroti sikap para pemain dan ia tak banyak bicara soal taktik.

“Dalam sepakbola, Anda harus punya sesuatu dari dalam. Saat turun minum, untuk pertama kalinya saya tidak bicara sepatah kata pun soal taktik. Saya ambil kursi dan bilang ‘guys, ketika kalian main dengan senyum dan menikmatinya, kita akan menang’.”

Terbukti apa yang disampaikan di ruang ganti terlihat di awal babak kedua. Para pemain akhirnya mampu menemukan bentuk terbaik.

“Di babak kedua, 15 sampai 20 menit pertama itu adalah yang terbaik yang kami punya dan itu membantu kami menang,” pungkas mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen itu.

Susunan pemain Manchester City versus Sheffield United:

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Gvardiol, Ake, Akanji, Walker; Rodri, Kovacic; Grealish, Foden, Bernardo Silva; Alvarez.

Pelatih: Josep Guardiola.

Sheffield United (3-4-2-1): Foderingham; Trusty, Robinson, Baldock; Thomas, Souza, Norwood, Bogle; Brooks, Slimane; Osula.

Pelatih: Chris Wilder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *