Liverpool 4-2 Newcastle United: Salah Gemilang

Liverpool sukses memetik hasil positif di pekan ke-20 Premier League 2023/2024. Menjamu Newcastle United di Stadion Anfield pada Selasa, 2 Januari 2024, The Reds menang dengan skor 4-2.

Dua dari empat gol tuan rumah dicetak oleh Mohamed Salah. Salah mencetak gol di menit ke-49 dan dari titik putih di menit ke-86.

Dua gol lainnya dicetak oleh Curtis Jones di menit ke-74 dan Cody Gakpo di menit ke-78.

Sementara itu, sepasang gol tim tamu dicetak oleh Alexander Isak di menit ke-54 dan Sven Botman di menit ke-81.

Berkat kemenangan ini Liverpool sukses menjaga posisinya di puncak klasemen sementarta dengan 45 poin. Liverpool unggul tiga poin dari Aston Villa di posisi kedua.

Sementara itu, Newcastle United berada di posisi kesembilan dengan 29 angka, berjarak dua poin di belakang Manchester United yang berada di urutan ketujuh.

Salah tampil gemilang dan mendapat pujian dari sang pelatih, Jurgen Klopp. Pelatih asal Jerman itu menyebut Salah sebagai mesin gol timnya.

“Mo adalah mesin pencetak gol,” tegas Klopp.

Selain itu, mantan pelatih Borussia Dortmund itu menyebut nama Darwin Nunez yang memilih untuk tidak mencetak gol tetapi memberikannya kepada Salah untuk membuka keunggulan Liverpool.

“Ia sangat istimewa. Darwin [Nunez] juga memiliki peluang. Saya akan mengatakan 99,9 persen pemain akan menyelesaikannya sendiri tetapi dia memilih untuk mengopernya [untuk gol pembuka Salah]. Pertandingan spesial, malam yang spesial.”

Salah sebenarnya sempat gagal penalti di babak pertama dan membuat skor imbang tanpa gol hingga turun minum. Pemain internasional Mesir itu kemudian mengganti sepatunya.

Klopp mengaku tidak pernah kehilangan kepercayaan kepada mantan pemain Chelsea dan AS Roma tersebut.

“Kita seharusnya tidak terlalu terkejut bahwa Mo dapat mengubah permainan, dapat meningkatkan permainan, karena dia melakukannya ratusan kali.”

Ia mengatakan Salah adalah pemain yang mampu mengatasi setiap tekanan dan siap memberikan kontribusi di saat-saat penting.

“Tapi itu hanya contoh yang sangat bagus. Semakin banyak gol yang Anda miliki, semakin Anda terbiasa melewatkan peluang dan semakin Anda memahami apa yang harus Anda lakukan, terus maju dan jika perlu terus berkembang, menggunakan situasi dengan lebih baik, dan itulah yang dilakukan Mo.”

Klopp pun tak lupa memberikan apresiasi kepada para pendukung Liverpool yang telah mengembalikan atmosfer Anfield seperti sedia kala.

“Malam ini atmosfernya benar-benar luar biasa dalam cara kami semua bersatu,” tegas Klopp.

Susunan Pemain Liverpool versus Newcastle United:

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Virgil van Dijk, Joe Gomez; Dominik Szoboszlai, Wataru Endo, Curtis Jones; Mohamed Salah, Darwin Nunez, Luis Diaz.
Manajer: Jurgen Klopp

NEWCASTLE UNITED (4-3-3): Martin Dubravka; Tino Livramento, Fabian Schar, Sven Botman, Dan Burn; Lewis Miley, Bruno Guimaraes, Sean Longstaff; Anthony Gordon, Alexander Isak, Joelinton.
Manajer: Eddie Howe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *