Swedia Tekuk Finalis Piala Dunia di UEFA Nations League

Tim nasional Swedia mencatatkan kemenangan di matchday kelima UEFA Nations League. Menghadapi finalis Piala Dunia, Kroasia di kandang sendiri di Stadion Friends Arena, Stockholm pada Minggu, 15 November 2020 dini hari WIB, Swedia menang dengan skor 2-1.

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Dejan Kulusevski di menit ke-36 dan Marcus Danielsson di menit ke-45+2. Sementara itu gol tunggal Kroasia lahir dari aksi bunuh diri Danielsson di menit ke-82.

Hasil ini tidak mempengaruhi posisi kedua tim di klasemen sementara. Keduanya masih menempati dua posisi terbawah di Grup 3 Liga A. Swedia baru mengemas tiga poin dari lima pertandingan dan berada di posisi terbawah. Sementara itu Kroasia berada satu tingkat di atas Swedia. Kroasia juga baru mengemas tiga poin dari lima pertandingan.

Sementara itu posisi puncak grup ini ditempati Prancis. Prancis sukses mengalahkan Portugal di laga kelima untuk mendapatkan total poin 13. Prancis pun sudah memastikan satu tempat di babak semi final.

Pertandingan Swedia dan Kroasia ini berjalan menarik. Kedua tim silih berganti menciptakan peluang dan menguasai pertandingan. Babak pertama Swedia mampu mengendalikan pertandingan. Meski begitu tidak mudah bagi Swedia untuk mencetak gol. Butuh 36 menit bagi tuan rumah untuk membuka keunggulan. Berawal dari umpan Mikael Lustig, peluang itu berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Kulusevski.

Sebelum babak pertama usai, Swedia mampu menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Marcus Danielsson yang mencatatkan namanya di papan skor.

Tertinggal dua gol membuat Kroasia harus meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Perjuangan finalis Piala Dunia ini baru berbuah gol jelang bubaran. Di menit ke-82, Marcus Danielsson mencetak gol bunuh diri untuk membuka peluang bagi Kroasia menyamakan kedudukan. Namun hingga laga usai Kroasia tak mampu menambah gol.

Sebelum pertandingan kedua kubu mematok tekad untuk memenangi pertandingan. Kubu Swedia mengakui ada masalah dengan lini serang mereka sebagaimana dikatakan Janne Andersson.

“Kami sudah menampilkan beberapa laga yang baik, tapi sayangnya belum juga meraih poin. Kami ingin tetap berada di Liga A dan berusaha untuk memainkan laga sulit, melawan lawan terbaik,” beber Janne Andersson.

Sementara itu kubu Kroasia mengakui laga ini tidak mudah. Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic menegaskan timnya memiliki skuad mumpuni dan masa depan yang bagus.

“Kroasia memiliki masa depan, banyak pemain datang, dan tugas saya adalah membentuk tim secara kompetitif pada bulan Maret mendatang,” beber Zlatko Dalic.

Susunan pemain Swedia versus Kroasia:

Swedia (4-4-2): 1-Robin Olsen (PG); 2-Mikael Lustig, 3-Victor Lindeloef, 4-Marcus Danielsson, 5-Pierre Bengtsson; 7-Sebastian Larsson, 20-Kristoffer Olsson, 8-Albin Ekdal, 10-Emil Forsberg; 9-Marcus Berg, 15-Dejan Kulusevski

Pelatih: Peter Wettergren

Kroasia (4-2-3-1): 1-Dominik Livakovic (PG); 2-Filip Uremovic (Josip Juranovic 41′), 6-Marin Pongracic (Dario Melnjak 77′), 5-Duje Caleta-Car, 3-Borna Barisic; 10-Luka Modric, 8-Mateo Kovacic (Marko Rog 77′); 7-Josip Brekalo (Bruno Petkovic 77′), 13-Nikola Vlasic, 4-Ivan Perisic; 14-Ante Budimir (Mario Pasalic 63′)

Pelatih: Zlatko Dalic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *