Bekuk Inggris, Belgia Puncaki Grup UEFA Nations League

Tim nasional Belgia berhasil memetik kemenangan di matchday kelima UEFA Nations League A Grup 2 saat menghadapi timnas Inggris di King Power Stadion, Senin, 16 November 2020 dini hari WIB.

Belgia menang dua gol tanpa balas. Sepasang gol The Reds dicetak oleh Youri Tielemans dan Dries Mertens, masing-masing di menit ke-10 dan 23.

Kemenangan ini membuat Belgia berhak atas tiga poin. Koleksi poin Belgia kini menjadi 12 dari lima pertandingan. Belgia sementara ini berada di puncak grup. Sementara itu Inggris tertahan di urutan ketiga karena baru mengemas tujuh poin dari lima laga. Posisi Inggris berada di belakang Denmark.

Tampil di kandang sendiri membuat Belgia begitu percaya diri. Sejak menit awal tuan rumah langsung menyerang. Tak butuh waktu lama bagi Belgia untuk membuka keunggulan. Laga baru berjalan 10 menit tuan rumah sukses menggetarkan gawang Inggris.

Gol ini berawal dari kesalahan pemain Inggris dalam mengumpan. Bola jatuh ke kaki Romelu Lukaku dan pemain Inter Milan itu langsung mengirim kepada Tielemans. Dengan tenang Tielemans melepas sepakan terarah dari jarak jauh tanpa bisa digagalkan kiper Inggris, Jordan Pickford.

Tak berselang lama, Jordan Pickford kembali memungut bola dari dalam gawangnya. Kali ini giliran Mertens yang mencatatkan namanya di papan skor setelah eksekusi tendangan bebas berhasil mengoyak gawang Inggris.

Kekalahan ini tentu menjadi pukulan bagi Inggris. Posisi sang pelatih, Gareth Southgate pun menjadi terancam. Muncul saran dari sejumlah pihak agar posisi Southgate diganti. Salah satu sosok yang dianjurkan untuk menjadi pelatih adalah Jose Mourinho.

Saran ini datang dari mantan pemain Tottenham Hotspur, klub Mourinho saat ini, Ahmed Hossam Mido. Menurut Mido, Mou adalah sosok yang tepat untuk timnas Inggris.

“Inggris membutuhkan manajer yang tepat. Mereka membuang-buang waktu dengan Southgate. Memang benar dia selalu mengatakan hal yang benar di media dan mungkin itu sebabnya dia mempertahankan pekerjaannya begitu lama,” beber Mido.

“Saran saya untuk FA adalah pergi dan dapatkan Mourinho sebagai pelatih kepala Anda dan tunjuk Southgate sebagai ketua FA. Keduanya sempurna untuk pekerjaan itu. Singkirkan Southgate dari para pemain sejauh yang Anda bisa,” pungkasnya.

Susunan Pemain Belgia versus Inggris:

Belgia (3-4-3): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen (c); Thomas Meunier, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Dries Mertens, Romelu Lukaku. Kevin De Bruyne.

Pelatih: Roberto Martinez

Inggris (3-4-3): Jordan Pickford; Kyle Walker, Eric Dier, Tyrone Mings; Kieran Trippier, Declan Rice, Jordan Henderson, Ben Chilwell; Mason Mount, Harry Kane (c), Jack Grealish.

Pelatih: Gareth Southgate

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *