Sempat Unggul, Timnas U-23 Indonesia Takluk dari Vietnam di SEA Games 2019

Tim nasional U-23 Indonesia gagal mendulang poin sempurna saat menghadapi tim nasiona U-23 Vietnam di pertandingan ketiga Grup B SEA Games 2019. Laga yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Filipina, pada Minggu, 1 Desember 2019 malam WIB itu, berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Vietnam.

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Fauzi Riski Sani di menit ke-23. Sementara itu sepasang gol Vietnam dicetak oleh Nguyen Thanh Chung di menit ke-63 dan Nguyen Hoang Duc di penghujung pertandingan.

Kekalahan ini membuat perolehan poin Indonesia tertahan di angka enam. Indonesia pun harus puas berada di urutan ketiga, kalah selisih gol dari Thailand di urutan kedua. Sementara itu Vietnam berada di urutan teratas dengan hasil sempurna dari tiga pertandingan.

Indonesia dan Vietnam yang sama-sama berambisi memenangi laga ini menurunkan formasi terbaik di laga ini. Indonesia yang kerap mendapat tekanan dari Vietnam lebih dulu membuka keunggulan di menit ke-23.

Berawal dari umpan silang Asnawi Mangkualam Bahar, bola tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh kiper Vietnam, Bui Tien Dung. Bola kemudian disambar Fauzi dengan sundulan mematikan.

Gol ini membuat Vietnam semakin gencar menekan. Namun Indonesia mampu menjaga keunggulan di babak pertama. Vietnam meningkatkan intensitas serangan di babak kedua. Dari berbagai percobaan Vietnam akhirnya mampu menyamakan kedudukan dan berbalik unggul jelang bubaran.

Indonesia akan menghadapi Brunei Darussalam pada Selasa, 3 Desember 2019. Pertandingan ini penting bagi Indonesia untuk menjadi kesempatan mencetak banyak gol sekaligus menjaga asa ke babak selanjutnya. Sementara itu Brunei sudah dipastikan tersingkir.

“Evaluasi pastinya setelah menganalisa dari menit pertama hingga menit ke-90. Pasti kami akan perbaiki. Setelah ini, kami akan fokus. Bukan haya setelah kekalahan ini, tapi bagaimana cara kami melakoni dua pertandingan selanjutnya,” ungkap pelatih timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri usai laga.

“Saya tidak mau bilang Vietnam jauh lebih baik dari kita Anda bisa lihat di pertandingan tadi, dua kali 45 menit Vietnam kesulitan untuk bermain dengan kita. Jadi, ini hanya nasib saja vietnam bisa menang lawan kita. Mudah-mudahan bisa bertemu di final nanti,” sambung mantan pelatih timnas U-19 Indonesia itu.

Susunan pemain timnas U-23 Indonesia versus timnas U-23 Vietnam:

Timnas Indonesia U-23: 12-Nadeo Arga Winata; 13-Rachmat Irianto, 2-Andy Setyo Nugroho, 5-Bagas Adi Nugroho, 3-Dodi Alekvan Dijin, 14-Asnawi Mangkualam Bahar; 7-Zulfiandi, 18-Mila Zahrul Irkham, 16-Fauzi Riski Sani, Saddil Ramdani; 20-Osvaldo Haay

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-23 Vietnam: 1-Bui Tien Dung; 2-Do Thanh Thinh, 4-Ho Tan Tai, 5-Doan Van Hau, 3-Huynh Tan Sinh; 8-Nguyen Trong Hoang, 16-Do Hung Dung, 19-Nguyen Quang Hai; 18-Nguyen Thanh Chung, 14-Nguyen Hoang Duc, 22-Nguyen Tien Linh

Pelatih: Park Hong-seo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *