Petik Hasil Imbang di Matchday 5, Man City Pastikan Tiket 16 Besar Liga Champions

Manchester City berhak mendapat satu tiket ke babak 16 besar Liga Champions Eropa meski hanya meraih hasil imbang di matchday kelima penyisihan grup yang berlangsung pada Selasa, 26 November 2019 waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Menghadapi Shakhtar Donetsk di kandang sendiri di Stadion Etihad, kedua tim bermain imbang 1-1. Satu-satunya gol Manchester Biru di laga itu dicetak oleh Ilkay Guendogan di menit ke-57. Sementara itu satu-satunya gol tim tamu dilesatkan oleh Manor Solomon di menit ke-69.

Tambahan satu poin di laga ini membuat koleksi poin Manchester Biru menjadi 11 dari lima pertandingan. City berada di puncak grup C dengan keunggulan lima poin dari Shakhtar di urutan kedua. Sementara itu posisi Shakhtar belum aman karena hanya berselisih satu poin dari Dinamo Zagreb.

Kedua tim, City dan Shakhtar menurunkan formasi terbaik di laga ini. Sejak menit awal kedua tim langsung mencari kesempatan untuk mengancam gawang lawan. Meski begitu tidak ada peluang emas yang mampu dikonversi menjadi gol di paruh pertama.

Selepas jeda, City berusaha meningkatkan intensitas serangan. Perjuangan tuan rumah akhirnya berbuah manis di menit ke-57. Gol ini berasal dari akselerasi Gabriel Jesus yang membuka ruang bagi Guendogan untuk melepaskan tembakan terarah tanpa bisa digagalkan kiper tim tamu.

Gol ini melecut Shakhtar untuk berani menekan. Ternyata perjuangan tim tamu berbuah gol di menit ke-69. Berawal dari umpan Dodo, Solomon yang baru saja masuk menggantikan Yevheniy Konoplyanka sukses memperdaya Ederson Moraes di bawah mistar gawang tuan rumah.

Skor imbang membuat laga semakin menarik. Kedua tim silih berganti menciptakan peluang. Namun hingga wasit meniup peluit panjang tak ada satu pun peluang yang mampu dikonversi menjadi gol.

Pelatih Mancheste City, Pep Guardiola tak ambil pusing dengan hasil tersebut. Ia juga tak terlalu menghiraukan performa anak asuhnya. Baginya yang terpenting adalah timnya berhasil lolos ke babak selanjutnya.

“Kami lolos dan bermain baik di babak kedua. Babak kedua berjalan lebih baik dari babak pertama. Kami cuma terancam oleh beberapa serangan balik,” beber Guardiola.

“Saya sudah sering berhadapan dengan Shakhtar Donetsk dan mereka selalu punya pemain-pemain berkualitas. Secara umum, kami menciptakan peluang-peluang tapi hasil imbang pada akhirnya cukup,” sambung mantan pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen tersebut.

Susunan Pemain Manchester City versus Shakhtar Donetsk:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Joao Cancelo, Fernandinho, Nicolas Otamendi, Angelino; Rodri (76′ Phil Foden), Ilkay Gundogan, Kevin De Bruyne (70′ David Silva); Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling.

Pelatih: Pep Guardiola

Shakhtar Donets (4-2-3-1): Andriy Pyatov; Dodo, Sergey Kryvtsov, Mykola Matviyenko, Ismaily; Alan Patrick, Taras Stepanenko; Mateus Tete, Viktor Kovalenko (81′ Marcos Bahia), Yevhen Konoplyanka (65′ Manor Solomon); Moraes (90′ Danylo Sikan).

Pelatih: Luis Castro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *