Mohamed Salah Ukir Hattrick dalam Enam Menit, Liverpool Tekuk Rangers 7-1

Liverpool memetik kemenangan telak di matchday keempat fase grup Liga Champions Eropa 2022/2023. Menghadapi tuan rumah Rangers di Ibrox Stadium pada Kamis, 13 Oktober 2022 dini hari WIB, The Reds menang dengan skor mencolok, 7-1.

Tim tamu sejatinya lebih dahulu tertinggal melalui Scott Arfield. Namun titik bangkit The Reds ditorehkan Roberto Firmino yang mencetak dua gol, sebelum digandakan Darwin Nunez.

Namun demikian, Mohamed Salah menjadi pusat perhatian. Meski berstatus pemain pengganti di paruh kedua, striker internasional Mesir itu berhasil mencetak hat-trick. Istimewanya, tiga gol itu diukir dalam tempo tak lebih dari enam menit. Pesta gol Liverpool kemudian ditutup Harvey Elliott menjelang bubaran.

Berkat kemenangan ini Liverpool berhak atas tiga poin. Armada Jurgen Klopp pun merangsek ke posisi kedua dengan sembilan angka dari empat pertandingan. Sementara itu, Rangers  harus puas mendekam di dasar klasemen. Klub asal Skotlandia itu belum juga meraih poin.

Rangers tentu tidak mematok target muluk yang mustahil tercapai yakni lolos dari fase grup. Namun, tim besutan Giovanni van Bronckhorst bisa memelihara harapan untuk tampil di Liga Europa musim depan. Syaratnya, mereka harus memenangkan persaingan untuk finis di posisi ketiga dengan dua laga tersisa.

Kemenangan ini memberi arti tersendiri bagi Salah dan Liverpool umumnya. Salah tengah mendapat sorotan menyusul penampilannya yang melempem. Setali tiga uang, Si Merah seperti tertatih-tatih di awal musim.

Mantan pemain Liverpool, Dietmar Hamann mengakui kondisi tersebut. Ia melihat para pemain Liverpool seperti kehilangan gairah.

“Liverpool terlihat seperti tim yang lelah. Mereka bermain datar dan cuma berjalan kaki di lapangan. Saya tidak tahu, mereka butuh percikan dari mana agar bisa seperti tiga-empat musim lalu,” bebernya.

Di pertandingan sebelumnya, pada akhir pekan lalu, Liverpool dipecundangi Arsenal di pentas Liga Primer Inggris. Kekalahan yang menempatkan mereka jauh dari papan atas.

“Lihatlah saat melawan Arsenal kemarin. Setiap kali Liverpool maju, tidak ada sesuatu yang akan terjadi. Secara psikologis, mereka akan jalani musim yang sulit kali ini,” tegasnya.

Buruknya penampilan Liverpool juga diakui mantan pemain Liverpool lainnya, John Aldridge. Ia bahkan lugas menyarankan Jurgen Klopp agar mengistirahatkan Salah.

“Saya salah satu penggemar terbesar Mo Salah, tetapi dia harus diparkir. Dia harus dipinggirkan karena dia tidak melakukan keadilan untuk dirinya sendiri dan dia tidak melakukan keadilan tim,” beber Aldridge.

“Tidak masalah apakah Anda Mo Salah, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Pada tahap itu, Anda harus ditepikan demi kebaikan Anda sendiri,” tutupnya.

Susunan pemain Rangers versus Liverpool:

Rangers: Allan McGregor; James Tavernier, Connor Goldson (Leon King 45′), Ben Davies, Borna Barisic; Ryan Jack (Steven Davis 60′), John Lundstram; Junior Fashion Sakala (Rabbi Matondo 76′), Scott Arfield, Ryan Kent (Scott Wright 76′); Antonio-Mirko Colak (Alfredo Morelos 76′).

Pelatih: Giovanni van Bronkhorst

Liverpool: Alisson; Joe Gomez, Ibrahima Konate (James Milner 79′), Virgil Van Dijk, Konstantinos Tsimikas (Andy Robertson 68′); Jordan Henderson (Thiago Alcantara 68′), Fabinho, Harvey Elliott; Roberto Firmino (Diogo Jota 73′), Darwin Nunez (Mohamed Salah 68′), Fabio Carvalho.

Pelatih: Jurgen Klopp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *