Manchester City 2-2 Crystal Palace2, The Citizen Imbang Gara-garaPenalti di Ujung Laga

Manchester City gagal memaksimalkan laga kandang di pekan ke-17 Premier League 2023/2024. Menjamu Crystal Palace di Etihad Stadium pada Sabtu, 16 Desember 2023, The Citizen harus puas dengan hasil imbang 2-2.

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Jack Grealish di menit ke-24 dan Rico Lewis di menit ke-54. Sementara itu dua gol tim tamu dicetak oleh Jean-Philippe Mateta di menit ke-76 dan sepakan penalti Michael Olise di menit ke-90+5.

Tuan rumah sebenarnya tampil baik sejak menit awal. Mereka mampu menguasai dan menekan pertahanan Palace. City bisa membuka keran gol di menit ke-24 setelah umpan pendek diteruskan Phil Foden dan disambuat Grealish dengan tendangan mendatar ke tiang jauh.

Situasi tak berubah di babak kedua. City berhasil menggandakan keunggulan setelah umpan lambung diteruskan Lewis dengan sepakan voli akurat.

Unggul dua gol City sama sekali tak mengendurkan serangan. Namun, tim tamu tidak kehilangan semangat.

Momentum kebangkitan Palace mulai terjadi selepas menit ke-70. Bermula dari gol di menit ke-76. Umpan jauh Richards dilanjutkan Shculpp yang disambut Mateta dengan akurat.

City tersentak dengan gol tersebut. Sayangnya, tidak membuat mereka benar-benar fokus. Sebab, jelang bubaran, Palace justru mampu mencetak gol kedua sekaligus menyamakan kedudukan.

Gol ini berawal dari pelanggaran Foden terhadap Mateta di kotak terlarang. Olise yang menjadi eksekutor tak membuang kesempatan untuk membuat skor sama kuat hingga laga usai.

Pelatih City, Pep Guardiola menyadari timnya melakukan kesalahan fatal. Ketika itu dilakukan di kotak penalti dan di saat-saat kritis maka ada harga mahal yang harus dibayar.

“Ketika anda melakukan pelanggaran di kotakm penalti, maka anda layak kehilangan poin. Hari ini kami kehilangan dua poin,” tandas Pep Guardiola.

Pelatih asal Spanyol itu menyayangkan timnya yang tampil kurang hati-hati agar tidak sampai melakukan kesalahan yang tidak perlu.

“Kami harusnya berhati-hati ketika berada di dalam kotak penalti kami, namun hari ini kami tidak melakukan itu. Jadi kami tidak layak menang di laga ini.”

Selain karena penalti, mantan pelatih Barcelona itu juga menyayangkan timnya yang tak mampu memaksimalkan banyaknya kesempatan mencetak gol.

Ia berharap mereka bisa tampil lebih sabar dan tidak sampai kecolongan. Ia berharap mereka tidak sampai mengulangi kesalahan seperti itu di laga-laga selanjutnya,

Susunan pemain Manchester City versus Crystal Palace:

MANCHESTER CITY (4-2-3-1): Ederson; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake, Josko Gvardiol; Rodri, Rico Lewis; Bernardo Silva, Phil Foden, Jack Grealish; Julian Alvarez.

Pelatih: Josep Guardiola

CRYSTAL PALACE (5-4-1): Dean Henderson; Nathaniel Clyne, Joel Ward (34′ David Ozoh), Joachim Andersen, Marc Guehi, Tyrick Mitchell; Michael Olise, Jairo Riedewald (81′ Ahhamada), Chris Richards, Jeffrey Schlupp (81′ Franca); Jean-Philippe Mateta.

Pelatih: Roy Hodgson

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *