Bekuk Brighton 2-0, Arsenal Kembali Amankan Puncak Klasemen

Arsenal sukses memetik kemenangan di pekan ke-17 Premier League 2023/2024. Menjamu Brighton & Hove Albion di Stadion Emirates pada Minggu, 17 Desember 2023, The Gunners menang dua gol tanpa balas.

Sepasang gol tuan rumah dicetak oleh Gabriel Jesus di menit ke-53 dan Kai Havertz di menit ke-87.

Berkat kemenangan ini Arsenal kembali mengamankan puncak klasemen dengan Raihan total 39 poin. Arsenal unggul satu poin dari Liverpool di posisi kedua.

Sementara itu Brighton tertahan di posisi kesembilan dengan 26 poin dari 17 pertandingan yang telah dijalani.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta tak bisa menyembunyikan kegembiraannnya usai kemenangan ini. Pelatih asal Spanyol  itu menilai timnya sudah menampilkan performa terbaik.

“Performa luar biasa, kegembiraan yang pantas untuk ditonton dari awal hingga akhir, cara kami melakukannya melawan tim yang sangat bagus ini sungguh menakjubkan,” tegas Arteta.

Lebih lanjut, mantan asisten Pep Guardiola itu menegaskan timnya memang pantas memetik kemenangan.

“Bahkan di babak pertama skor tidak mencerminkan itu. Kami sepenuhnya pantas memenangkan pertandingan. Kami memiliki 15 tembakan [di babak pertama], itu banyak. Kami harus terus berjalan dan berusaha, itu sedikit catatan kami tidak memiliki akurasi di depan gawang.”

Memang tidak mudah bagi Meriam London untuk mencetak gol dan mengunci kemenangan. Mereka mendapat perlawanan dari tim tamu.

“Kami harus bersabar tetapi pada saat yang sama kami harus benar-benar bertekad besar melawan Brighton.”

Ia menyebut mereka berhasil menerapkan strategi yang tepat untuk meredam Brighton.

“Begitu Anda memiliki keraguan melawan tim ini, mereka membuka Anda, mereka mulai membuat Anda frustrasi dan mendominasi dengan bola. Kami tidak melakukan itu.”

Arsenal tidak memberikan kesempatan kepada Brighton untuk mengembangkan permainan. Ia menyebut timnya bermain dengan menunjukkan kedewasaan.

“Kami tidak mengizinkan mereka melakukan itu. Kami menunjukkan banyak kedewasaan, dan banyak kecerdasan. Permainan melawan mereka ini mengharuskan mereka untuk benar-benar cerdas.”

Susunan pemain Arsenal versus Brighton & Hove Albion:

ARSENAL (4-3-3): David Raya; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard, Declan Rice, Kai Havertz; Bukayo Saka, Gabriel Jesus, Gabriel Martinelli.
Manajer: Mikel Arteta

BRIGHTON (4-2-3-1): Bart Verbruggen; Joel Veltman, Jan-Paul van Hecke, Lewis Dunk, James Milner; Pascal Gross, Billy Gilmour; Simon Adingra, Adam Lallana, Kaoru Mitoma; Evan Ferguson.
Manajer: Roberto De Zerbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *